Scroll to Top

Zat Ini yang Membuat Air Beras Ampuh Rawat Kecantikan Kulit

By C Novita / Published on Wednesday, 28 Sep 2016

air beras

Air beras atau bekas cucian beras pasti tak asing bagi Anda yang terbiasa merawat kecantikan wajah dengan bahan alami. Endapan air yang putih keruh tersebut biasanya digunakan untuk masker wajah, dan sudah terbukti menyulap kulit jadi kinclong.

Tak perlu produk perawatan mahal atau serum yang dikeluarkan oleh brand kosmetik ternama, air cucian beras saja bisa memberikan efek yang menakjubkan dan telah dipakai sejak jaman nenek moyang.

Ternyata rahasianya karena pada air cucian beras tersebut terdapat beberapa zat yang berguna untuk kecantikan kulit. Apa saja, laman Boldsky melansirnya berikut:

Inositol

Inositol adalah jenis vitamin B kompleks yang sangat baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Disebut oleh The Epoch Times, ia bermanfaat juga untuk melambatkan proses penuaan serta melancarkan aliran darah. Dengan lancarnya darah ke bagian wajah, maka oksigen pun akan menyentuh hingga ke sel kulit dan mengirim nutrisi cukup untuk sel tersebut.

Allantoin

Allantoin merupakan zat yang berfungsi sebagai antibakteri, sehingga baik untuk menjauhkan kulit dari jerawat akibat bakteri serta mempercepat sembuhnya jerawat.

Ferulic acid

Itu adalah zat yang merupakan jenis antioksidan yang juga banyak dijumpai pada kulit buah-buahan. Fungsinya adalah untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas, sehingga menjauhkan kulit dari penuaan dini.

Oryzanol

Oryzanol berfungsi untuk memudarkan noda hitam akibat sinar matahari, juga mencerahkan kulit.

Cara mendapatkan air beras yang baik untuk kecantikan sangat mudah. Gunakan beras organik yang tanpa bahan kimia atau pemutih buatan, lalu cuci sekali dengan air bersih. Buang air cucian pertama, lalu beri air kembali. Remas-remas beras di air cucian kedua, kemudian tampung sisa airnya dalam wadah. Endapkan. Letakkan di lemari pendingin untuk menghentikan fermantasi atau pembusukan agar air rendaman tak bau busuk. Endapan air beras siap digunakan kapan saja Anda mau.

Komentar Anda