Scroll to Top

Ladislao Jose Biro Sang Penemu Bolpoin Jadi Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 29 Sep 2016

Ladislao Jose Biro Sang Penemu Bolpoin Jadi Google Doodle Hari Ini 2

Ladislao Jose Biro sang penemu bolpoin ditampilkan dalam Google Doodle hari ini Kamis, 29 September 2016. Uniknya, bukan wajah Biro yang muncul dalam animasi di halaman utama Google hari ini. Melainkan animasi unik yang menampilkan cara kerja bolpoin. Penemuan Ladislao Jose Biro yang tanggal ini berulang tahun ke-117, telah mengubah dunia.

Bolpoin, benda yang sehari-hari telah menolong jutaan orang mencatat hal-hal penting, baru ditemukan dalam delapan dekade terakhir. Pencetus gagasan untuk benda mungil nan penting ini, adalah Ladislao Jose Biro yang lahir di Budapest, Hungaria pada 29 September 1899. Biro yang bekerja sebagai jurnalis, pelukis, sekaligus penemu ini, cukup pusing dengan sistem pena era terdahulu yang terbuat dari bulu angsa.

Pena semacam itu tidaklah praktis, karena penggunanya harus mencelupkan ujung pena ke kotak tinta. Kemungkinan tinta tumpah atau tercecer cukup besar. Biro yang kerap datang ke percetakan, kemudian terilhami tinta untuk percetakan koran. Tinta tersebut cepat kering dan tidak tercecer. Oleh karenanya, Biro menyadari, ternyata ada cara untuk membuat pena lebih praktis digunakan.

Ladislao Jose Biro Sang Penemu Bolpoin Jadi Google Doodle Hari Ini

Ladislao Biro tidak sendirian dalam mengembangkan gagasan tentang bolpoin. Ia bekerjasama dengan saudaranya, Gyorgi yang seorang ahli kimia. Perpaduan ide keduanya menghasilkan pena model baru yang memiliki bola kecil di bagian ujung, yang fungsinya berputar untuk menarik tinta dari cartridge. Kita bisa melihat sistem bola kecil ini bergerak dalam animasi doodle hari ini. Dan karena keberadaan bola kecil inilah, maka pena temuan Biro bersaudara ini disebut ballpoint.

Ladislao Jose Biro mematenkan bolpoin pada tahun 1938. Kemudian, dua bersaudara Biro pindah ke Argentina pada 1943, dan membentuk Biro Pens of Argentina. Di negara tersebut, bolpoin lebih dikenal dengan nama birome, yang diambil dari nama keluarga Ladislao Jose dan Gyorgy. Argentina sendiri sangat menghormati jasa Ladislao Jose Biro, sehingga tanggal kelahirannya, 29 September dijadikan sebagai Hari Penemu Argentina.

Komentar Anda