Scroll to Top

Mencukur L’Hospitalet 9-0, Inilah Kemenangan Terbesar Barcelona Era Pep Guardiola

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 23 Dec 2011

Ada banyak cara untuk menyelesaikan tahun 2011. Pep Guardiola memilih untuk mengistirahatkan 7 pemain non-Eropa-nya ketika menghadapi tetangga, L’Hospitalet.

Memainkan beberapa pemain muda yang dicampur pasukan Catalan yang lebih berpengalaman, Barcelona tetap terlalu tangguh untuk sang lawan. Skor akhir 9-0 dan inilah kemenangan terbesar El Barca di era Pep Guardiola di ajang resmi.

Pep memulai pertandingan dengan formasi 3-4-3. Manuel Pinto, Andreu Fontas, dan lagi-lagi si anak ajaib Isaac Cuenca, diberi kesempatan bergabung dengan deretan bintang El Barca.

Tak butuh waktu lama, Pedro Rodriguez yang perannya berkurang daripada musim lalu, membobol gawang L’Hospitalet di menit 11. Gol ini menjadi penanda bahwa Camp Nou akan menjadi kuburan kiper L’Hospitalet, Craviotto.

Tujuh menit kemudian giliran Andres Iniesta yang menggandakan keunggulan timnya. Belum juga L’Hospitalet bangun dari tidur, Thiago Alcantara memanfaatkan kesalahan lini belakang tim tamu di menit 23.

Andres Iniesta memang keluar lapangan karena cedera. Namun, hal ini tidak mengurangi kinerja apa pun. Sergio Roberto yang dimasukkan untuk mengganti posisinya, bermain cukup apik.

Barcelona melanjutkan pesta gol melalui Xavi Hernandez. Kerjasamanya dengan Ces Fabregas membuahkan gol di menit 35.

Unggul 4-0, Pep melakukan penyegaran. Xavi dicopot dan masuklah anak muda bernama Cristian Tello. Pemain yang memulai debut pada laga melawan tim yang sama, kini tampaknya sudah begitu mengenal pertahanan L’Hospitalet. Tiga menit setelah masuk, Tello langsung mencetak gol dan menutup babak pertama dengan skor 5-0.

Babak kedua, Barcelona masih sangat haus gol. Dan Cristian Tello menyadari kesempatannya untuk memamerkan kemampuan pada Josep Guardiola. Tusukannya dari sisi kanan pertahanan lawan diteruskan oleh Isaac Cuenca di menit 47.

Enam menit berselang, Thiago Alcantara memperbesar keunggulan. Namun, Tello-lah yang bisa mencuri perhatian lagi dengan gol cantik di menit 62. Ia melesakkan gol ke sudut kiri gawang Craviotto ketika semua orang mengira Tello akan mengirimkan umpan silang. Isaac Cuenca menutup kemenangan Barcelona di menit 79.

Kemenangan ini jelas menjadi modal penting Barcelona yang saat ini masih tertinggal tiga angka dari Real Madrid. Setidaknya, kepercayaan diri pasukan Pep Guardiola tetap terjaga menjelang tahun 2012.

Sekaligus, akan membuat Pep cukup bingung dengan para pemain muda yang terus bersinar. Tidak hanya kali ini saja. Dalam laga menghadapi BATE Borisov di Liga Champions, “skuad bayi” Pep menunjukkan sensasi luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda