Scroll to Top

Pemirsa Barcelona vs Real Madrid Lebih Banyak Daripada Penonton Final Piala Dunia 2010

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 23 Dec 2011

Laga Barcelona menghadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions musim lalu ternyata sangat menyedot animo rakyat Spanyol. Laga ini nyaris memecahkan rekor penonton terbanyak.

Barcelona vs Real Madrid

Ada lebih dari 14 juta penonton yang menyaksikan secara langsung pertandingan yang berakhir imbang 1-1 ini. Persentasenya mencapai 66,9% dari total seluruh pemirsa televisi Spanyol.

Angka ini cukup fantastis. Mengingat, penonton final Piala Dunia 2010 tidak sebanyak ini. Padahal, dalam pertandingan tersebut, yang bertanding adalah timnas Spanyol.

Ketika La Furia Roja menekuk Belanda 1-0 di Piala Dunia Afrika Selatan, pemirsanya hanya mencapai 12.969.000 orang. Atau, kurang dari 1 juta penonton El Clasico terakhir musim lalu. Namun, dari segi persentase, penonton final Piala Dunia 2010 lebih unggul dengan 77,2%.

Sementara itu, pertandingan final Euro 2008 antara Jerman menghadapi Spanyol menjadi laga paling menyedot pemirsa televisi Spanyol. Ada 14.482.000 penonton atau unggul 300 ribu daripada penonton El Clasico seri V musim lalu.

Yang menarik, ternyata pertandingan Liga Champions menjadi idola rakyat Spanyol. Buktinya, 5 dari 8 pertandingan paling banyak ditonton tahun ini berasal dari kompetisi tertinggi tingkat Eropa tersebut.

Setelah final Piala Dunia 2010, laga keempat yang paling digandrungi pemirsa Spanyol adalah pertandingan Barcelona vs Arsenal pada perempat final musim lalu. Duel yang dimenangi Barcelona 3-1 itu ditonton 9,8 juta pemirsa atau sekitar 47,4% penonton.

Laga berikutnya adalah Olympique Lyon vs Real Madrid. Laga perdelapan final Liga Champions musim lalu, ditonton 8,2 orang atau 41,5% pasar.

Selanjutnya, ada duel Real Madrid vs Tottenham Hotspur, tim kejutan Liga Champions musim kemarin. Laga yang digelar di Santiago Bernabeu, ditonton 8,2 pemirsa.

Uniknya, final Liga Champions musim 2010/2011 cuma ada di peringkat delapan. Laga Barcelona vs Manchester United itu hanya dinikmati 7 juta rakyat Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda