Scroll to Top

Biar Tahan Banting, Sisihkan Waktu Berlatih Hadapi Stres

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Dec 2011

Jangan dikira setiap stres itu akan mendatangkan keburukan bagi Anda. Anggapan seperti itu tidak benar dan justru akan memberikan ketrpurukan bagi jiwa dan fisik Anda. Kalau Anda didera stres, jangan hanya meratapi masalah yang ada. Tetapi, lakukanlah proses keseimbangan jiwa dan tetap optimis menghadapi masalah. Inilah yang menjadikan Anda mampu menjalani beratnya hidup.

semangat

Menurut penelitian yang termuat pada jurnal Current Directions in Psychological Science, kunci menghadapi stres adalah keseimbangan stres dan relaksasi. Anda boleh saja harus menghadapi banyak masalah yang mesti ditangani dalam satu waktu saja. Tetap nikmati rasa stres itu sebagai bentuk dinamika hidup.Dan, Anda tidak perlu takut dan menghindarinya. Karena, selama hidup, manusia dilahirkan untuk menaklukkan masalah yang ada.

Dalam penelitian lain dikatakan, untuk menghadapi gejolak stres, Anda bisa melatih diri untuk terbiasa berada dalam keadaan penuh kecemasan. Caranya, sediakan waktu sekitar 20 menit untuk memikirkan hal yang membuat Anda cemas. Pikirkan juga alternatif solusinya. Dengan melakukan hal itu secara rutin, Anda akan lebih tahan banting menghadapi berbagai situasi yang mungkin memojokkan mental Anda. Rasa khawatir akan jauh lebih berkurang. Anda juga akan terbiasa menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.

Jadi, stres itu harus ditaklukkan! Setiap masalah yang Anda hadapi pasti berada dalam kemampuan Anda untuk menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda