Scroll to Top

Winter Solstice

By Admin / Published on Wednesday, 22 Jun 2011

Winter Solstice atau dalam bahasa Indonesia, titik balik matahari musim dingin, menjadi tema logo Google hari ini.

Winter solstice terjadi persis ketika kemiringan aksial dari planet terletak paling jauh dari matahari, tergantung dari letak belahan bumi. Kemiringan maksimum aksial bumi dengan matahari kita selama titik balik matahari adalah 23 ° 26 ‘.

Titik balik matahari musim dingin terjadi pada hari dengan waktu siang terpendek dan malam terpanjang dalam setahun, ketika posisi matahari berada pada titik terjauh dari bumi. Kejadian ini hanya berlangsung beberapa saat dalam kurun waktu tertentu, biasanya bertepatan dengan hari pertama musim dingin.

Ciri-ciri winter solstice paling jelas adalah malam hari yang terasa lebih lama dan siang hari akan terasa sangat cepat. Tergantung pada pergeseran kalender, musim dingin solstice biasanya terjadi pada tanggal 21 atau 22 Desember setiap tahun di belahan bumi utara, dan 20 atau 21 Juni di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Di beberapa negara, winter solstice dirayakan dengan mengadakan festival musim dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda