Scroll to Top

Jelang GP Valencia: FIA Rilis Aturan Baru Mengenai ‘Engine Map’

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 22 Jun 2011

 

Jelang balapan di Valencia Spanyol, Tim-tim Formula Satu kembali dikejutkan oleh datangnya peraturan baru yang akan segera diimplementasikan mulai dari sesi kualifikasi pada balapan minggu ini.

FIA yang sedang dalam misi membuat balap Formula Satu menjadi ramah lingkungan, mengeluarkan aturan baru mengenai penggunaan engine map. Pada GP Valencia minggu ini, seluruh tim hanya diperbolehkan melakukan pengaturan engine map sebanyak satu kali yaitu saat mobil masuk ke pitstop untuk pertama kalinya, dimana saat itu seluruh komputer terpasang di mobil.

Peraturan tersebut dibuat agar pemakaian bensin pada balapan di Valencia dan balapan-balapan berikutnya menjadi lebih irit. Selama ini idealnya setiap tim melakukan dua kali pengaturan engine map mereka. Pertama adalah pengaturan untuk kualifikasi yang kedua adalah pengaturan untuk balap pada hari berikutnya.

Pengaturan untuk kualifikasi biasanya mengakibatkan banyak bahan bakar terbuang karena tiap tim berusaha untuk mempertinggi tiupan gas buang agar mendapat aerodinamis yang baik pada saat melewati diffuser. Sementara pengaturan untuk balap dibuat lebih irit bahan bakar karena peraturan FIA sebelumnya yang melarang adanya pengisian bahan bakar pada saat balapan.

Peraturan ini dipercaya dapat secara signifikan mengurangi penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Peraturan baru FIA ini mengiringi peraturan sebelumnya tentang pelarangan penggunaan Blown Diffuser yang akan dimulai pada GP Silverstone Inggris bulan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda