Scroll to Top

Ini Alasan Djohar Arifin Husin Ingin Pimpin PSSI Lagi

By Aditya / Published on Wednesday, 05 Oct 2016

djohar arifin husin pssi 2015

Sempat dihukum seumur hidup oleh PSSI, Djohar Arifin Husin kini justru maju kembali sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 pada Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang. Lantas, apa alasan Djohar Arifin Husin ingin memimpin federasi sepakbola Indonesia itu lagi?

“Sewaktu saya memimpin (PSSI), saya menyiapkan fondasi yang ada dasar piramidanya, sayang waktunya tidak cukup,” kata Djohar Arifin Husin di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Piramida yang saya bangun itu sebagian belum jadi, ini juga dorongan dari teman-teman daerah,” imbuhnya.

“Sepakbola itu sukses jika ada pembinaan, menyiapkan pelatih. Atlet itu kami ciptakan, bukan dari alam,” papar Ketua Umum PSSI ke-14 yang menjabat sejak 9 Juli 2011 hingga 18 April 2015 ini.

Dalam Sidang Komite Etik PSSI pada 8 Juli 2015 silam, Djohar Arifin Husin dipecat secara tidak hormat dan disanksi seumur hidup tidak boleh aktif d persepakbolaan nasional.

Kala itu, ia dianggap telah melanggar etika dengan menghadiri undangan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tanpa berkoordinasi terlebih dulu dengan jajaran pengurus PSSI lainnya.

“Menjatuhi hukuman kepada Djohar Arifin Husin atas pelanggaran Kode Etik PSSI berupa pemberhentian dengan tidak hormat dari kepengurusan PSSI sebagai anggota Dewan Kehormatan,” demikian bunyi hasil Sidang Komite Etik PSSI, tanggal 8 Juli 2015, tersebut.

“Menjatuhkan hukuman kepada Djohar Arifin Husin atas pelanggaran Kode Etik berupa larangan beraktivitas dalam kegiatan sepak bola di lingkungan PSSI, AFC, dan FIFA seumur hidup,” lanjut hasil sidang tersebut.

.

Komentar Anda