Scroll to Top

SOPA dan PIPA, Undang-Undang AS Yang Mengekang Internet

By Ivan Azzam / Published on Friday, 23 Dec 2011

Mungkin sebagian pengunjung Sidomi sudah mengetahui ini, mungkin juga ada yang belum mengetahui, jadi kabar kali ini akan memberitahu kabar mengenai hal buruk yang mungkin bisa menimpa pengguna dunia maya. Di parlemen AS sana, sedang heboh membahas rancangan undang-undang yang diberi nama SOPA dan PIPA.

Undang-undang SOPA

Mungkin anda bertanya, apa dampaknya dari undang-undang tersebut jika disahkan? Secara sederhana, SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Dengan adanya SOPA dan PIPA, pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal. Lalu? Apakah ini akan berdampak ke seluruh dunia (Indonesia salah satunya)? Jawabnya, tentu, dengan undang-undang tersebut, maka pemerintah AS berhak untuk menuntut situs untuk menghapus konten-konten yang menurut mereka ilegal, tidak hanya itu, jika tidak, maka situs tersebut akan diblok (melalui ISP setempat), sehingga pengguna tidak bisa membuka lagi situs kesayangannya.

Ada empat hal yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA  ini:

  1. Memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka dari membaca nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, atau gambar (intinya, diblok).
  2. Memerintahkan situs pencari seperti Google atau Yahoo atau lainnya untuk mengubah kueri pencariannya untuk mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal (jadi jika anda cari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan).
  3. Memerintahkan layanan pembayaran online seperti Amazon, dsb untuk mematikan akun dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.
  4. Memerintahkan layanan iklan seperti Google Adsense untuk menolak iklan atau pembayaran dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.

Sederhananya, karena memang nyatanya di internet banyak situs (di luar AS) yang menyimpan konten-konten, parlemen AS mencari cara agar bisa melarang keberadaan situs semacam itu dan mengekang apa yang disebut kebebasan internet, karena sebenarnya SOPA dan PIPA bisa berdampak lebih luas dari sekedar pelarangan konten-konten. Dibawah ini ada video mengenai SOPA:

Jadi bagaimana? Anda pro-SOPA dan PIPA atau kontra? (via The Verge)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda