Scroll to Top

Paten Baru Apple Mengenai Sel Bahan Bakar, Pengganti Baterai

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 24 Dec 2011

Apple sebagai perusahaan besar tidak hentinya melakukan inovasi, kali ini Apple mengajukan paten dimana perangkat buatannya nanti (dalam hal ini notebook) menggunakan sel bahan bakar. Maksudnya? Jadi sebagai pengganti baterai, sel bahan bakar digunakan sebagai sumber tenaga MacBook nantinya dibanding dengan menggunakan baterai sehingga nantinya notebook Mac ini lebih ringan dan lebih tipis lagi.

Paten Apple

Paten ini diajukan ke U.S. Patent and Trademark Office minggu ini, dengan nama “Fuel Cell System to Power a Portable Computing Device” dan “Fuel Cell System Coupled to a Portable Computing Device”. Lalu apa tujuannya Apple mengajukan paten berkaitan sebagai sumber tenaga produknya nanti? Tidak lain karena demi lingkungan. Seperti yang diketahui, baterai memiliki masalah serius dengan pencemaran lingkungan, limbah baterai dapat merusak lingkungan jika tidak ditangani dengan baik, maka dari itu Apple mencari cara agar suatu saat nanti produk besutan mereka menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan, dan tentunya bisa diperbarui.

Dalam catatan proposal yang berjudul Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT), dijelaskan juga bahwa konsumen perlu ditingkatkan kesadarannya menggunakan produk elektronik ramah lingkungan, termasuk sumber energinya, salah satu contohnya adalah penggunaan sel bahan bakar yang berbasis hidrogen.

Klaim Apple adalah dengan menggunakan sel bahan bakar berbasis hidrogen ini, sebuah perangkat elektronik (dalam hal ini adalah notebook mereka) bisa dinyalakan selama sehari penuh, bahkan seminggu tanpa harus diisi ulang selama waktu itu. Saat ini, yang menjadi tantangan utama adalah, bagaimana membuat sel bahan bakar hidrogen yang portabel dan efisien. Mari kita tunggu saja peluncuran produk pertama Apple yang menggunakan teknologi ini. (via AppleInsider)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda