Scroll to Top

Potret Anak Miskin Afrika Berkostum Barcelona Terpilih Sebagai Photo of The Year versi UNICEF

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Dec 2011

Sebuah foto bisa berbicara lebih banyak daripada rangkaian kata-kata. Tidak ada yang mengetahui nama anak dalam foto ini, namun semua akan menyadari apa yang selama ini terjadi di Afrika.

Foto anak Afrika mengenakan kostum Barcelona ini diambil di Accra, ibukota Ghana.

Anak Miskin Afrika Berkostum Barcelona

Anak-anak lain berkostum sama, esok hari merayakan Natal. Mereka bersiap menebak ada hadiah apa yang disembunyikan Sinterklas di kaus kaki yang tergantung di perapian. Mereka mungkin pula akan menyantap hidangan istimewa, permen manis, dan menikmati liburan akhir tahun. Hal ini bahkan mungkin tak bisa dibayangkan bocah dalam foto ini.

Anak ini tengah mempertaruhkan hidupnya. Ia datang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di  Agbogbloshie, dekat Accra. Ia tengah mencari beberapa bagian alat-alat elektronik yang mungkin masih bisa dijual kembali.

Datang ke TPA mungkin bukan hal yang terlalu buruk, kecuali bila kita menyadari bahwa TPA tersebut dikategorikan sangat berbahaya. Banyak gas beracun yang berasal dari segala macam sampah yang terkonsentrasi di sana.

Foto ini terpilih sebagai foto terbaik UNICEF tahun ini. Dengan tepat, foto di atas menampar dunia modern yang konon mampu membahagiakan semua orang.

Sekaligus, menunjukkan betapa hebatnya efek sepakbola. Ya, dengan keberadaan Barcelona yang tahun-tahun ini tampil sebagai tim terbaik dunia, banyak anak yang penuh suka cita memakai kostum mereka. Tak terkecuali anak ini.

Di tengah himpitan ekonomi, ancaman kematian, dan masa depan yang suram, anak Afrika ini tengah membuktikan bahwa sepakbola bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga telah menjadi degup jantung kehidupan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda