Scroll to Top

Rhoma Irama Manfaatkan Musik Untuk Berdakwah

By Ika / Published on Sunday, 25 Dec 2011

H.Rhoma IramaSiapa yang tak kenal dengan Rhoma Irama? Kemampuan musisi yang mendapat julukan raja dangdut ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Rhoma Irama yang tergabung dalam grup Soneta ini bahkan tak hanya sekedar membuat lagu, tapi juga memasukkan pesan-pesan moral dalam hampir setiap lagu ciptaannya.

Pria yang kerap disapa Bang Haji tersebut mengungkapkan bahwa ia ingin berdakwah dan berjihad lewat musik karena menurutnya pesan dakwah lebih bisa diterima masyarakat apabila digabungkan dengan unsur musik.

“Jihad lewat musik itu lebih efektif, karena idola yang negatif akan melahirkan fans atau masyarakat yang negatif dan sebaliknya,” kata pria kelahiran 11 Desember 1946 itu.

Walau begitu perjuangan dakwah Rhoma Irama bukanlah suatu perkara yang mudah. Ia kerap mendapat kritikan, bahkan almarhum Gus Dur juga pernah melontarkan kritikan terhadap cara dakwah yang dilakukannya.

“Saya sempat dikritik Gus Dur bahwa tidak ada pintu dakwah untuk musik, karena musik itu otonom,” ujarnya kemudian.

Rhoma Irama pun membenarkan pernyataan Gus Dur, namun raja dangdut itu tidak mau berhenti karena menurutnya masih ada celah dalam musik yang bisa ia gunakan untuk berdakwah.

Ayah dari Ridho Rhoma itupun lalu menceritakan pengalamannya dulu saat memulai dakwah lewat musik. Ketika ia baru membentuk grup Soneta dan akan manggung, Rhoma Irama selalu membuka pertunjukan musiknya dengan ucapan salam. Bukannya jawaban salam yang diterima, Rhoma Irama malah mendapat lemparan sandal.

“Saya masih ingat, ucapan salam dalam pentas di Ancol itu sempat dilempari sandal dan lumpur, bahkan media massa juga mencerca saya melakukan komersialisasi agama,” kata Bang Haji saat mengingat masa lalunya.

Walau mengaku kerap mendapat kesulitan dalam berjihad lewat musik, Rhoma Irama tetap tidak mau berhenti. Ia bahkan semakin bersemangat setelah bertemu dengan seorang dosen Unair pada tahun 1986 yang tiba-tiba memeluk dan mengucapkan terima kasih karena lagu-lagunya dianggap memiliki makna dan memberi jawaban atas segala permasalahan hidup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda