Scroll to Top

Sanksi untuk Persipura Dijatuhkan Januari 2012

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 25 Dec 2011

logo FIFA

13 klub yang memilih berlabuh ke ISL sudah merasakan ketegasan PSSI. Mereka diturunkan ke kompetisi yang lebih rendah dan mesti membayar denda dengan rentang berbeda. Mulai dari 500 juta hingga Rp 1 miliar. Namun, khusus Persipura, PSSI menunda keputusan hingga Januari 2012.

“Dari seluruh klub yang keluar dari LPI, hanya Persipura yang belum diputuskan. Makanya kami tunggu hingga Januari nanti setelah PSSI melakukan komunikasi dengan klub-klub yang memilih di luar kompetisi resmi PSSI,” kata Catur Agus Saptono, Wakil Ketua Komite  Disiplin PSSI.

Persipura memang cukup unik kasusnya. Sebagai juara ISL musim lalu, semestinya mereka mendapatkan jatah ke Liga Champion Asia jika bertahan di kompetisi resmi, Indonesian Premier League. Sempat menyatakan siap bergabung ke IPL, Persipura akhirnya memilih ISL  sebagai kompetisi yang mereka arungi musim 2011/2012.

Mengingat Mutiara Hitam tidak berada dalam kompetisi yang dinaungi PSSI, sangat wajar jika tiket mereka ke Liga Champions Asia dicabut. Sementara, janji PT LI, penyelenggara ISL, yang menyatakan bisa menjamin hak Persipura, tidak terpenuhi.

Keadaan hari-hari ini sendiri mulai menunjukkan titik cerah. FIFA telah menegaskan legalitas IPL plus menyebut ISL sebagai liga liar. FIFA  juga sudah meminta PSSI untuk merangkul kembali klub-klub yang membelot.

PSSI pun mengambil langkah menarik menyusul keputusan FIFA tersebut. Mereka menyurati klub-klub pembelot untuk berkompetisi di liga resmi. Plus, memberi kesempatan dua pekan kepada klub untuk membuat keputusan.

Akankah terjadi rekonsiliasi? Ataukah, PT. LI akan tetap memertahankan ISL hingga sanksi FIFA turun Maret 2012 mendatang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda