Scroll to Top

Kurang Tidur Bikin Tampak Tua

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Dec 2011

penuaan

Mau kulit senantiasa muda? Sebaiknya jaga pola tidur Anda dengan baik. Kelola stres Anda dan pastikan mendapatkan jam tidur yang cukup. Orang yang kurang tidur akan mengalami penuaan dini. Kondisi fisik tampak tua akan terlihat dalam jangka panjang.

Seperti dikutip National Geographic, sebuah penelitian menyatakan adanya penurunan fungsi kognitif pada orang yang kurang waktu tidurnya. Fungsi kognitif ini dipengaruhi oleh durasi kebutuhan tidur. Antara wanita dan pria agak sedikit berbeda.

Pada pria, fungsi kognitif akan terjaga dengan beristirahat selama 6-8 jam setiap hari. Sedangkan pada wanita, memerlukan waktu tujuh jam agar nilai fungsi kognitifnya tinggi. Saat pria dan wanita mengalami masalah kurang tidur berkepanjangan, maka fungsi kognitifnya menjadi rendah.

Penelitian di atas berdasarkan hasil dari pengujian terhadap 1.459 wanita dan 3.972 pria. Dilibatkan pula sejumlah 10 ribu staf kantor di London untuk menjadi responden. Mereka berusia 33-55 tahun dari berbagai kelas sosial ekonomi.

“Hasil utama dari studi kami adalah perubahan negatif dalam durasi tidur akan berdampak pada fungsi kognitif, terutama pada usia lanjut dan menengah,” kata Jane Ferrie, peneliti dari University College London Medical School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda