Scroll to Top

Ini Rahasia Trik Petak Umpet Marcelo vs Tendangan Bebas Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Nov 2016

Ini Rahasia Trik Petak Umpet Marcelo vs Tendangan Bebas Lionel Messi

Kemenangan Brazil 3-0 atas Argentina masih ramai dibicarakan. Bukan hanya karena Albiceleste tetap keok meski sudah ada Lionel Messi. Tetapi juga karena, trik ‘petak umpet’ yang dilakukan Marcelo dalam pertandingan tersebut. Tingkah Marcelo bukan sebatas guyonan semata. Langkah ini diambil untuk menghentikan tendangan bebas Argentina yang biasanya dieksekusi Messi.

Berkat kemenangan telak atas Argentina, Brazil berpesta. Mereka berhasil memimpin klasemen Pra Piala Dunia 2018 dengan perbedaan satu poin dari Uruguay. Brazil juga meninggalkan lawan-lawan lain seperti Kolombia, Ekuador, dan Chile. Tidak kalah penting, kemenangan ini bagai obat penghenti lara, setelah kejadian tim Samba dibantai Jerman 7-1 di Piala Dunia 2014.

Philippe Coutinho, Neymar, dan Paulinho menjadi tokoh kunci kemenangan Brazil dengan gol-gol mereka. Tapi ada satu nama yang tidak boleh dilupakan. Dia adalah Marcelo. Bukan cuma karena penampilan sang bek kiri sepanjang laga. Menit 36 dalam laga tersebut, kita melihat ada tindakan yang sepertinya usil oleh Marcelo.

Argentina mendapatkan hadiah tendangan bebas di areal yang ideal untuk gol Messi. Brazil pun menyusun pagar betis. Alih-alih berdiri seperti pemain lain, Marcelo malah duduk di belakang rekan-rekannya seperti hendak main petak umpet dengan Messi. Tapi jangan salah, ini adalah taktik mujarab ala pelatih tim Samba, Tite.

Marcelo Messi

Tendangan bebas Messi selalu berbahaya untuk tim lawan. Brazil berusaha membatasi ancaman itu sesedikit mungkin. Posisi Marcelo itu membuktikan trik Brazil. Tim Samba sengaja memasang pagar betis yang terdiri dari pemain tinggi, termasuk Miranda sang bek tengah. Mereka ditugaskan melompat untuk menghalau tendangan jika Messi membidik sudut atas gawang.

Tapi bisa saja Messi mengerjai lawan dengan mengirim tembakan datar. Di sinilah tugas Marcelo. Badannya akan menghalau andai Mesi memilih bidikan seperti itu. Artinya, Messi tidak bisa menembak ke atas atau bawah. Semua sudah dilindungi lewat trik petak umpet ini.

Lionel Messi sendiri, gagal total dalam pertandingan ini. Tendangan bebasnya tidak ampuh. Ia juga hanya bisa menembak sekali, dan tidak tepat sasaran.

 

Komentar Anda