Scroll to Top

Peneliti MIT Menemukan Sel Otak Yang Menyimpan Memori

By Ivan Azzam / Published on Monday, 26 Dec 2011

Otak adalah salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting bagi manusia, dari otaklah, semua tindakan dan pikiran manusia berasal, begitu pula otaklah tempat dimana kita menyimpan memori-memori, kenangan yang baik, atapun kenangan yang buruk. Lalu apa jadinya kalau memori manusia suatu saat bisa dimanipulasi?

Manipulasi memori

Inilah sebuah langkah awal yang dilakukan oleh peneliti dari MIT. Peneliti MIT di bidang syaraf (atau populer dengan nama neuroscientist) menemukan bagian otak yang menyimpan memori manusia. Lebih tepatnya, para peneliti menemukan gen dari otak manusia, dimana gen ini akan akan aktif saat manusia mengingat suatu hal.

Lalu apa hal yang bisa didapat dari penelitian MIT mengenai otak ini? Sederhana saja, dari penelitian ini diharapkan nanti ada pengetahuan yang mampu untuk memanipulasi, mengubah, atau bahkan membuat memori. Pikirkan film semacam Source Code, inilah yang bisa dicapai melalui penelitian MIT ini.

Lalu bagian mana yang dimaksud? Jawabnya adalah hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab terhadap memori jangka panjang. Bagaimana kelanjutan dari penelitian ini? Mari kita tunggu penerapan riilnya di masa depan nanti. (via Daily Mail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda