Scroll to Top

Victor Valdes, Lionel Messi, dan Dani Alves Terbanyak Bermain untuk Barcelona Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 26 Dec 2011

Siapa pemain paling berpengaruh di kubu Barcelona sejauh ini? Jika jawabannya berdasarkan menit bermain, ada tiga nama vital. Mereka adalah Victor Valdes, Lionel Messi, dan Dani Alves. Ketiganya tercatat telah bermain lebih dari 2000 menit untuk El Barca hingga pertengahan musim.

Victor Valdes Lionel Messi Dani Alves

Victor Valdes adalah sosok suci pertama. Musim ini adalah musim kesepuluhnya berseragam Los Cules sejak 2002/2003. Sempat diremehkan pada awal karier, dapat dikatakan kini Valdes menjadi salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah berkostum Barcelona.

Musim ini Valdes bermain 2340 menit dan dengan posisinya sebagai penjaga gawang, tak pernah diganti di tengah laga. Valdes cuma absen dalam tiga laga. Yaitu, dua pertandingan Copa del Rey menghadapi L’Hospitalet dan satu duel Liga Champions menghadapi BATE Borisov ketika Blaugrana sudah memastikan tiket juara grup.

Di bawah Valdes, ada sang nomor 10 Lionel Messi. Ia tidak dimainkan dalam tiga laga yang sama seperti Valdes. Total, Messi bermain selama 2279 menit dalam 26 pertandingan. Sang mesiah selalu menjadi starter dalam 25 laga. Satu-satunya waktu ketika ia masuk dari bangku cadangan, adalah ketika laga melawan Real Sociedad yang berakhir imbang 2-2.

Total, Messi sudah melepaskan 29 gol dari jumlah waktu tersebut. Atau, jika dibuat rerata, Messi mencetak gol setiap  78,5 menit.

Pemain ketiga adalah Dani Alves. Dalam formasi 4-3-3 atau 3-4-3 Pep Guardiola, Dani Alves menjadi pemain paling penting. Ia bisa berada di posisi bek, pemain sayap, atau bahkan penyerang terselubung ketika Lionel Messi tengah mengacak-acak pertahanan lawan.

Total, pemain internasional Brazil bermain dalam 2015 menit. Alves tidak bermain dalam 6 laga Barcelona, yaitu sekali di liga (karena akumulasi kartu), dua di Copa del Rey, dua laga Liga Champions (salah satunya karena hukuman), dan satu di Piala Dunia Antar Klub.

Di bawah ketiga nama ini, ada seorang Eric Abidal. Bek kiri Prancis sudah bermain 1946 menit atau dalam 24 pertandingan.

Abidal lebih banyak berlaga daripada sang Puppet Master, Xavi Hernandez yang tampil 1922 menit/25 pertandingan.

Nama terakhir yang masuk dalam enam besar adalah gelandang bertahan yang bisa diplot sebagai bek, Javier Mascherano. Pemain Argentina tampil 1744 menit atau setara dengan 20 pertandingan.

Dengan keenam pemain pilar ini, Barcelona tampil menawan dalam 29 pertandingan awal musim 2011/2012. El Barca cuma sekali tumbang oleh Getafe. Selebihnya mereka mencatat 22 kemenangan dan 6 hasil imbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda