Scroll to Top

Cara Gampang Agar Sambal Tidak Cepat Terbuang

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Dec 2011

makan sambal

Sekali pun pedas, penikmat sambal tidak ada kapoknya mengonsumsi campuran cabai dengan berbagai bumbu ini. Lidah boleh panas dan keringat bercucuran, tapi semangat menikmati sambal tidak kunjung padam. Rasa pedas memang jadi sarana penggugah selera. Jangan heran kalau penikmat pedas tidak puas makan sambal hanya sebanyak sesendok teh.

Ada kalanya, demi menikmati sambal yang sama di keesokan hari, orang akan menyimpannya. Mereka akan membuangnya jika sambal sudah tercium basi. Buat Anda pecinta sambal, ada beberapa cara agar sambal bisa tahan lama.

  • Saat membuat sambal, pakailah bahan-bahan yang masih segar. Cuci semua bahan sampai benar-benar bersih sebelum Anda pakai.
  • Higienitas juga berlaku bagi peralatan yang digunakan untuk membuat sambal. Pastikan peralatan Anda sudah dicuci dan terbebas dari sisa penggunaan sebelumnya. Kuman dan sejenisnya dengan mudah hidup dalam peralatan masak kotor maupun setengah bersih.
  • Jika Anda menginginkan sambal tahan lebih lama, Anda bisa mengakalinya dengan memasak bahan sampai matang sebelum dibuat sambal. Cara ini efektif membuat sambal lebih lama bebas dari basi. Anda bisa menyangrai bahan-bahan yang ada, misalnya cabai, tomat, dan sebagainya. Atau, bisa juga Anda mengukus matang bahan-bahan itu.
  • Cara terakhir adalah manfaatkan freezer. Simpan sambal pada freezer setelah suhunya mencapai suhu kamar. Ini akan menghambat perkembangan bakteri dan sejenisnya yang membuat komponen dalam sambal basi. Jangan lupa, pakai wadah yang bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda