Scroll to Top

Begini Awal Mula Munculnya Mannequin Challenge

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 23 Nov 2016

mannequin-challenge1

Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan aksi Mannequin Challenge. Banyak netizen menuliskan tagar #MannequinChallenge sembari mengunggah video tentang hal tersebut. Mannequin Challenge merupakan aksi diam seperti halnya patung manekin yang banyak ditemukan di pusat perbelanjaan. Mereka dijadikan piranti untuk memajang baju, aksesoris, dan stok dagangan lainnya.

Saat melakukan aksi ini, ada kamera yang berjalan untuk mengambil gambar orang-orang yang mematung seperti manekin. Kadang dalam video disertakan musik sebagai latar belakangnya. Dalam Mannequin Challenge pada awal mulanya, seperti dikutip laman Republika dari The Telegraph, digunakan lagu Rae Sremmurd yang dibawakan Black Beatles. Di situ turut menampilkan Gucci Mane. Pelantun lagu hip hop ini menjalani tantangan di panggung sewaktu konser di Denver, AS.

Namun tahukah Anda? Mannequin Challenge ternyata pernah muncul sebelumnya. Sebuah sekolah menegah atas pada bulan lalu pernah melakukannya dan selanjutnya ternyata kegiatan ini makin memanas di media sosial. Akhirnya Mannequin Challenge menjadi viral dan dilakukan pula oleh banyak orang di seluruh dunia. Koleksi aksi ini bisa dilihat salah satunya lewat situs  YouTube.

Bisa jadi aksi Mannequin Challenge nantinya bisa sebesar Ice Bucket Challenge. Menariknya, pada aksi Ice Bucket Challenge terdapat misi sosial di dalamnya untuk menggalang dana demi kemajuan penelitian penyakit Motor Neurone Disease (ALS). Aksi semacam ini dapat berdampak positif bagi penelitian di seluruh dunia.

Berikut ini sebuah contoh video Mannequin Challenge yang dilakukan oleh Hillary Clinton. Sang suami, Bill Clinton, tampak terlibat di dalamnya:

Komentar Anda