Scroll to Top

Terkena Knalpot Panas, Ini Cara Benar Untuk Mengatasinya

By C Novita / Published on Thursday, 24 Nov 2016

Asap-knalpot

Knalpot panas pada sepeda motor telah banyak memakan korban kaki-kaki mulus yang tak sengaja mengenainya. Sudah pasti rasa panas dan perih akan langsung dirasakan, dan kepanikan terjadi. Namun jangan sembarangan memberi pertolongan pertama pada kulit yang sedang melepuh itu.

Luka bakar akibat terkena knalpot panas butuh beberapa langkah untuk mengatasinya dengan benar, sehingga tidak timbul infeksi. Berikut ini langkah pertolongannya, seperti dilansir laman halosehat:

Dinginkan

Kulit yang mengalami luka bakar akibat knalpot panas perlu dilakukan pendinginan dahulu. Aliri atau guyur perlahan dengan air bersuhu biasa untuk menghilangkan trauma pada kulit. Lakukan sekira 15 menit. Jika tak ada air maka bisa gunakan gel lidah buaya atau bagian tengah lidah buaya yang serupa agar-agar. Hindari memakai air es, sebab dapat memicu radang.

Sterilkan

Semprot dengan air garam untuk mensterilkan permukaan kulit. Anda bisa buat sendiri dari larutan air matang dan garam dapur, yang diaduk rata. Natrium klorida adalah zat ideal untuk luka tersebut, yang diharapkan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan menghindarkan dari infeksi.

Tutup luka

Permukaan kulit yang melepuh baiknya ditutup dengan kain kasa. Ganti setiap hari untuk menghindarkan terjadinya infeksi, juga menjaga sterilnya luka. Olesi dengan salep obat luka bakar atau gel lidah buaya.

Hindari menarik kulit atau menggaruk walau bagian tersebut terasa gatal. Lakukan perawatan menutup luka hingga luka bakar tersebut mengering dan sembuh. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda