Scroll to Top

Teknologi Baru Honda, Ciptakan Mobil Ringan

By Aditya Mahadika / Published on Monday, 26 Dec 2011

Tren mobil baru makin berat sepertinya akan mengalami pergeseran. Produsen mobil Jepang, Honda Motor Co, bersiap meluncurkan inovasi membuat mobil lebih ringan dengan mengadopsi metode perakitan baru.

Harian Jepang, Nikkei, Senin, 26 November 2011, melaporkan metode baru yang dilakukan Honda di antaranya pengelasan panel luar dengan sasis. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan baut dan material pengencang lain. Cara yang sama dilakukan untuk perakitan atap, panel samping, serta bagian bodi lainnya.

Nikkei menyebut, pabrikan terbesar ketiga di dunia itu menginvestasikan dana 10 miliar yen untuk lini produksi, pasokan bahan baku, serta sederet perhitungan material.

Honda sudah menerapkan teknologi ini pada minivan N Box yang ditampilkan pada ajang Tokyo Motor Show 2011, akhir bulan lalu. Honda mengklaim, N Box ini memiliki berat 10 persen lebih ringan dibandingkan model sejenis. Teknologi baru ini juga akan menghemat biaya produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda