Scroll to Top

Tahun 2011 Cristiano Ronaldo 52 Gol, Lionel Messi 55 Gol

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 27 Dec 2011

Dua penyerang paling berbahaya di dunia, berada di dua klub terbesar Liga Spanyol. Lionel Messi dengan bakat alami dari langit, menjadi kunci gol Barcelona. Cristiano Ronaldo, penyerang dengan ketahanan fisik paling luar biasa, menjadi juru gedor Real Madrid.

Messi Ronaldo 1

Sejak Ronaldo diboyong Madrid ke Santiago Bernabeu pada 2009, persaingan keduanya tak terelakkan lagi. Meski baik Messi maupun Ronaldo sering menyangkal ada duel terselubung antara mereka berdua, kenyataannya kejar-mengejar gol senantiasa terjadi.

Tahun ini, dari jumlah gol, Mesiah Argentina menjadi pemenangnya. Hingga akhir 2011, Lionel Messi sudah mengemas 55 gol. Unggul 3 biji dibandingkan dengan Ronaldo yang mencetak 52 gol.

Namun, dari segi rerata gol dalam setiap pertandingan, Messi kalah dari CR7. Nomor 10 Barcelona mencetak 55 gol tersebut dari 57 pertandingan. Jika dibuat rerata, dalam setiap laga, Messi mengemas 0,91 gol.

Sementara itu, CR7 mengemas 52 gol dalam 51 pertandingan. Artinya, minimal Ronaldo mencetak 1,02 gol. Jika menilik hal ini, Ronaldo lebih produktif daripada Messi.

Membandingkan Ronaldo dan Messi sendiri seperti menyamakan dua talenta yang berbeda. Messi memiliki skill individual di atas rata-rata yang akan menyihir semua orang. Bahkan, pinggang para bek lawan bisa patah jika berduel dengan kelincahan kapten Argentina.

Sementara, sang kapten Portugal memiliki daya jelajah sangat tinggi. Ia mungkin tak selihai Messi dalam membuat para bek lawan terpukau dan tak bisa berbuat apa-apa. Namun, dari segi eksplosivitas, Ronaldo lebih mumpuni. Seluruh tubuhnya seolah berfungsi mencetak gol.

Jumlah 55 gol yang dibuat Messi sendiri merupakan penurunan dari tahun lalu. Pada 2010, Messi mampu mengemas 58 gol. Sementara, CR7 justru mengalami peningkatan. Tahun 2010, Ronaldo cuma mencetak 46 gol.

Menarik untuk menyaksikan duel kedua penyerang ini pada tahun 2012 mendatang. Siapa yang lebih baik? Dan siapa pula yang lebih mampu memberikan berkahnya kepada tim? Messi untuk Barcelona, ataukah Ronaldo untuk Real Madrid?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda