Scroll to Top

21000 Domain Hengkang Dari Godaddy Dalam Satu Hari

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 27 Dec 2011

GoDaddy dikabarkan kehilangan 21.000 register domain hanya dalam waktu satu hari. Bisa jadi ini adalah sebuah peristiwa yang kebetulan saja—atau sebagai dampak dari dukungan yang diberikan oleh situs penjual domain populer di internet itu atas undang-undang antipembajakan.

Banyaknya domain yang dipindahkan dari perusahaan  domain dan hosting itu diketahui dari Domaincontrol.com. Dimana diketahui tepatnya sebanyak 21.054 domain hengkang dari GoDaddy, 20.034 diantaranya keluar di hari yang sama. Data lain menurut TheNextWeb.com mengatakan bahwa perginya domain-domain itu sudah teramati sepanjang pekan lalu dimana peak tertinggi terjadi di hari Senin sebanyak 8.800 domain dan kedua pada hari Rabu sebanyak 14.500 domain.

Perpindahan register ini tak ayal dipicu oleh didukungnya SOPA (Stop Onlie Privacy Act) oleh GoDaddy. SOPA diperkenalkan oleh yang dikeluarkan oleh Rep. Lamar Smith awal musim dingin ini dimana mempermudah departemen kehakiman untuk menutup sebuah situs yang diduga dibuat untuk tujuan pembajakan. Dan secara cepat SOPA pun menuai banyak kontroversi.

Gerakan anti-GoDaddy pun bermunculan di dunia maya diantaranya muncul di situs soscial bookmark Reddit dan kemunculan situs Godaddyboycott.org yang menjadi jembatan bagi orang-orang untuk mengeluarkan unek-uneknya atas ketidaksetujuan terhadap perusahaan yang mendukung SOPA.

Entah akibat aksi masal keluarnya domain dari GoDaddy ini, kemarin CEO perusahaan ini Warren Adelman mengeluarkan pernyataan yang bertolak belakang dari sebelumnya dengan mengatakan bahwa Godaddy menarik dukungannya terhadap SOPA.

“Go Daddy akan mendukung SOPA jika komunitas internet juga mendukung hal itu,” demikian tulis pernyataan resmi dari Adelman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda