Scroll to Top

Cat Solar, Sumber Tenaga Masa Depan

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 27 Dec 2011

Kita semua tahu, sel solar adalah sumber tenaga yang paling potensial di masa depan, bahkan memang nyatanya, sekarang ini penggunaan sel solar cukup diandalkan, melalui solar panel yang biasanya ditaruh di atap rumah demi mengumpulkan energi yang lalu nantinya dialirkan ke dalam rumah dan menjadi sumber daya tenaga listrik. Lagipula, ketergantungan kita terhadap batu bara harus segera dikurangi selain karena akan segera habis, tenaga solar juga secara harfiah tidak terbatas, karena diambil dari sinar matahari yang bersinar terus menerus.

Cat sel solar

Namun, seperti halnya perkembangan teknologi, perkembangan sel solar juga terus maju, dan tentunya, solar panel menjadi hal yang biasa. Bagaimana dengan cat solar? Ini dia penemuan terbaru, dimana tim dari Notre Dame University di AS menemukan bahan cat yang berfungsi layaknya solar panel, yaitu mampu menyimpan energi dari sinar matahari untuk nanti digunakan menjadi sumber energi di rumah.

Tentu saja, penelitian ini masih butuh waktu lama agar bisa direalisasikan menjadi produk massal, belum lagi masalah energi yang didapat, solar panel mendapat sekitar 15-20 % tenaga dari sinar matahari, sedangkan cat solar ini, hanya sekitar 1% saja, untuk itu, para peneliti dari Notre Dame University masih terus mencari cara bagaimana agar meningkatkan persentase kemampuan cat solar ini menyerap sinar matahari lalu mengubahnya ke energi.

Penggunaannya? Cukup mengecat atap dan dinding rumah dengan cat solar. Mari kita bersabar agar cat solar ini suatu saat nanti bisa diproduksi massal dan dijual ke pasaran. (via Geek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda