Scroll to Top

5 Hal Yang Bisa Membuat Microsoft Semakin Bersinar di 2012

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 27 Dec 2011

2011 bukanlah menjadi tahun yang cukup sulit bagi Microsoft. Ditahun tersebut perushaan dibidang teknologi informasi ini mampu membukukan pendapatan fiskal di akhir Juni dan penjualan Windows 7 nya telah capai 500 juta copy di tahun keduanya, sehingga menjadikan sistem operasi yang dikeluarkan olehnya menjadi yang terbanyak dipakai di dunia. Selain itu produk lain seperti Office 365 dan Explorer 9 juga cukup menggairahkan.

Tahun depan akan tampak berbeda bagi perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini. Microsoft telah menyiapkan mantra untuk membuatnya tetap bersinar dan bisa bersaing dengan para pesaingnya.

Apa saja sih senjata andalan Microsoft di 2012? Simak yuuk…

1. Windows 8 tablet
Windows 8 akan menjadi senjata andalan bagi Microsoft, mereka berjanji akan membuat sebuah perubahan yang radikal pada tampilan antarmuka sistem operasi yang berbasis Metro. Tampilan foto desktop yang cukup populer akan digantikan dengan ikon file yang terhubung dengan aplikasi pada PC konsumen yang menginginkannya. Namun demikian Microsoft akan membuat tampilan layar sentuh yang lebih mudah dipergunakan sehingga hal ini bisa mendorong konsumen untuk membelinya.

Memang sih menjadi hal yang tak mudah bagi Microsoft untuk bisa menjual tabletnya seperti kacang goreng disebabkan mereka jauh lebih lambat dalam mengeluarkan dibandingkan dengan pesaingnya seperti Apple dengan iPadnya dan Amazon dengan Kindle Firenya.

Tapi dengan dukungan pasar Microsoft yang sudah ada dan mitra mereka yang siap memberikan pendorong bagi penjualan tablet mereka maka Microsoft akan siap meluncur ke pasaran tablet.

2. Xbox berubah manjadi tayangan TV
Xbox menjadi produk game console yang paling banyak dibeli di Amerika pada tahun 2011, dan mampu menciptakan teknologi yang biasannya hadir untuk aplikasi perkantoran ke ruang keluarga kita. Sebulan lalu Microsoft telah menghadirkan TV kedalam Xbox mereka dengan memberikan jasa ‘Live Service’ sehingga konsumen bisa memilih program TV kabel seperti Comedy central, HBO, dan bahkan Nickelodeon.

Hal ini tentu saja menjadi awal bagi Microsoft untuk bisa semakin membuat konsumen mereka kecanduan terhadap Xbox seperti layaknya mereka menyenangi televisi. Tahun depan bakalan banyak lagi saluran televisi yang bisa dinikmati di Xbox.

3. Windows Phone
Bisa jadi dibutuhkan waktu yang lebih lama bagi Microsoft untuk bisa mengeruk kue pasar gadget mobile. Sistem operasi yang mereka miliki untuk handphone seperti Windows Phone 7 atau mango memang tak asing bagi kita dan saat ini memang sudah dijual di pasaran. Jika Microsoft mau bersaing dengan Apple dengan sistem iOSnya atau Samsung yang gencar memproduksi smartphone Android maka sudah bisa dipastikan akan kalah.

Tapi tentu saja masih ada secercah harapan bagi Windows Phone untuk bisa meraih pasar RIM dengan Blackberrynya. Apalagi dukungan mitranya yaitu Nokia yang gencar merilis ponsel berbasis windows.

4. Agresi Paten
Microsoft akan semakin giat untuk menuntut perusahaan yang telah menggunakan paten miliknya. Seperti HTC, Compal, serta Wistron yang telah menggunakan sistem operasi Microsoft. Noble dan Barnes pun tak ketinggalan akan mendapat hal yang sama karena menggunakan Nook sebuah aplikasi e-reader yang dijalankan di Android.

Pemasukan lewat kepemilikan paten akan terus dipertahankan di tahun 2012 karena upaya ini cukup berhasil dijalankan ditahun sebelumnya.

5. Ekspansi ke ranah social media
Bisnis mesin pencari atau ‘search engine’ memang tak ada matinya. Tahun 2012 memang akan menjadi tahunnya sosial media. Hal inipun disadari oleh Microsoft. Melihat perkembangan situs jejaring sosial yang mengalami peningkatan bagi penggunanya, maka Microsoft pun akan menggandeng kemitraan dengan beberapa perusahaan internet untuk mendongkrak penggunaan mesin pencari mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa di Mei 2011 lalu Microsoft dan Facebook melakukan rekomendasi pencarian melalui Bing, dan sepertinya Microsoft akan melakukan ekspansi penggunaan Bing ke situs jejaring sosial yang lebih luas lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda