Scroll to Top

Selama Sendirian di Angkasa Luar, Astronot Ini Mendengar Suara Ketukan Misterius

By Ilham Choirul / Published on Monday, 05 Dec 2016
Yang Liwei
Yang Liwei

Kejadian yang dialami oleh astronot  Yang Liwei, ini mungkin membuat bulu kuduk berdiri. Pria pertama China yang berada di angkasa luar itu mendadak mendengar seperti ada ketukan di pesawatnya. Liwei yang mengalaminya pada perjalanan perdana pada tahun 2003 tersebut kala itu sendirian. Dia bercerita mendengar ketukan cukup keras.

“Seseorang mengetuk badan pesawat angkasa luar sama seperti mengetuk ember logam dengan palu kayu,” katanya seperti dikutip dari laman BBC.

Dia berpikir jika memang ada suara ketukan, maka ada suatu benda yang dipukul. Namun membuang jauh pikiran ini. Wee Seng Soh, rekan Liwei, mengemukakan pendapatnya jika suara ketukan bisa jadi akibat pemuaian atau kontraksi pesawat. Pada orbit bisa terjadi perubahan suhu yang amat cepat.

Meski demikian, ternyata yang dialami Liwei juga didapati oleh astronot China berikutnya yang menjalankan tugas pada tahun 2005 dan 2008. Liwei mengatakan pada mereka untuk tidak takut dan kaget saat mengalaminya.  Bagi mereka, suara ketukan ini akhirnya dianggap sebagai “gejala biasa” karena cukup sering didengar.

Jika menilik lebih jauh, suara yang berasal dari angkasa luar adalah hal biasa. Meski begitu penjelasan pastinya belum ditemukan. Pada misi pendaratan di bulan tahun 1969 di orbit terjauh yang tidak ditemukan hubungan radio dengan bumi, ternyata para astronot juga  mendengar suara yang tidak bisa.

Kabar tentang suara ini dirahasiakan hingga akhirnya diungkap ke publik awal tahun ini. NASA memperkirakan suara tersebut adalah interferensi radio dan bukan dari mahluk angkasa luar.

Komentar Anda