Scroll to Top

Wah, Bajaj Jadi Moda Transportasi di Paris

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 27 Dec 2011

bajaj paris

Kalau di Jakarta bajaj jadi musuh pemerintah setempat, maka di Prancis kendaraan roda tiga ini bakal dijadikan moda transportasi sehari-hari. Bajaj yang akan mengawali debutnya di Kota Paris ini didatangkan dari China. Penampilannya sangat menarik dan jauh dari kesan kumuh seperti bajaj yang ada di Indonesia.

Pengoperasian bajaj ini seperti halnya busway. Pada beberapa titik disediakan halte untuk naik turunnya penumpang. Saat ini telah didirikan 150 halte yang akan menjadi tempat berhenti sejenak bagi 24 bajaj. Untuk sekali turun di halte, hanya dikenakan tarif 50 sen euro.

“Jika uji coba di Paris sukses, kami akan perluas ke seluruh Prancis, bahkan skala internasional,” kata Kheir Mazri, pengusaha yang mengoperasikan transportasi ini.

Kenyamanan pun diutamakan. Naik bajaj ini, para penumpang akan dijamu dengan teh, pastry, dan popcorn. Atapnya terbuka, sehingga cukup nyaman untuk “cuci mata” memandang keelokan Kota Paris. Hanya saja, selama hujan masih turun, atap bajaj akan dipasang untuk memberikan kenyamanan.

Bodi bajaj ini juga disewakan untuk kapling iklan. Mazri berharap ada pemasukan lain dari iklan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda