Scroll to Top

Honda CBR250RR Tidak Boleh Dicuci Sembarangan, Bagian Ini Rentan Rusak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 07 Dec 2016

Honda-CBR250RR

Bagi pemilik Honda CBR250RR sebaiknya tidak mencuci motor sembarangan. Tidak disarankan membersihkan motor dengan cara cuci steam asal-asalan. Pasalnya ada bagian tertentu dari motor ini yang rentan rusak saat terkena semprotan air yang terlalu kuat. Oleh sebab itu pastikan untuk memahami beberapa tempat yang perlu diwaspadai saat mencuci motor ini.

Dikutip dari laman Dapur Pacu, bagian yang rentan rusak karena cuci steam adalah Accelerator Position Sensor (APS). APS ini terhubung langsung ke ECU. Nah pada Honda CBR250RR letak APU ada I dalam dudukan engine start/stop. Posisi seperti ini sangat rentan  kalau sampai kena semprotan keras pada waktu mencuci motor.

 “Makanya, saat cuci steam jangan disemprotkan ke bagian setang sebelah kanan. Karena takutnya hentakan air tersebut, bisa membuat sensor APS jadi bermasalah,” kata Yudi Heriyadi selaku  Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Oleh sebab itu ada baiknya jika membawa motor Honda CBR250RR ke tempat pencucian untuk mengingatkan pada petugas untuk memperlakukan bagian yang ada APS lebih hati-hati. Ini untuk menghindari tidak berfungsinya sensor APS.

Di samping itu, tuas gas ini juga sebaiknya tidak dibongkar maupun diganti memakai gas spontan. Pasalnya sensor APS juga rentan mengalami kerusakan fungsi. Sebelum melakukan modifikasi apapun, pahami dulu secara benar berbagai hal tentang Honda CBR250RR yang dimiliki.

Komentar Anda