Scroll to Top

4 Hal Ini Kerap Jadi Alibi Pengendara Motor Enggan Pakai Helm

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Dec 2016

pakai helm

Belum semua orang menyadari pentingnya mengenakan helm saat berkendara sepeda motor. Banyak alasan yang dikemukakan. Namun menurut hasil studi yang dilakukan peneliti Dwi Ardianta Kurniawan dari Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan ada empat alasan utama yang sering dijadikan alibi orang untuk tidak memakai helm.

“Saat ini, dengan mudah dapat dijumpai para pengendara yang tidak mengenakan helm. Hal itu bukan hanya dilakukan para pembonceng atau anak-anak kecil yang biasanya seperti dimaafkan bila melanggar, namun juga para pengendara dewasa yang memegang kemudi,” kata Dwi.

Berikut alasan utama orang tidak mau pakai helm saat menggunakan sepeda motor:

Belum ada kesadaran tentang fungsi helm untuk menunjang keselamatan berkendara. Hal ini tampak dari kebiasaan pengendara yang malas untuk memakai helm dalam perjalanan dekat. Mereka tidak menyadari risiko kecelakaan yang bisa datang kapan saja sekalipun dalam perjalanan yang tidak jauh dari rumah. Tingkat kefatalan kecelakaan sama saja kecelakaan di mana pun termasuk risiko cedera kepala. Mengenakan helm dapat mengurangi risiko tersebut.

Belum muncul motivasi dari pengendara untuk mengenakan helm. Mereka memakai helm sebatas memenuhi kewajiban berlalu lintas. Akhirnya helm hanya dikenakan saat ada petugas atau berada di jalan utama yang kemungkinan bertemu petugas.Begitu sampai di jalan kecil, helm pun dilepas.

Harga helm standar terbilang tidak murah bagi sebagian masyarakat. Mereka pun lebih suka pergi tanpa helm atau menggunakan helm yang tidak memenuhi standar keselamatan.

Pada pemotor usia muda, mereka tidak mengenakan helm karena tidak ingin merusak penampilan. Mereka tidak suka tatanan rambutnya rusak atau risih karena helm standar seringkali menutupi wajah. Aspek penampilan mengalahkan sisi keselamatan berkendara.

Komentar Anda