Scroll to Top

Jangan Minum Sembari Berdiri Itu Larangan Nabi Muhammad dan Tak Baik Untuk Kesehatan

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Dec 2016

minum air putih

Kebiasaan minum sembari berdiri baiknya tak lagi dilakukan, sebab bagi kaum muslim ada hadis Nabi Muhammad Saw yang melarangnya. Jika Rasulullah melarang maka yakin bahwa itu buruk bagi kita umatnya, ya.

“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Selain itu, ada pula anjuran untuk tidak bernapas saat minum dengan posisi hidung yang ada di depan gelas. Yang dicontohkan oleh Nabi yang mulia adalah meneguk minuman, lalu jauhkan gelas dan bernapas 3 kali.

Jadi bukan langsung meneguk air hingga habis tandas dalam sekali minum dan bernapas langsung menghadap gelas sebab saat itu ada karbondioksida yang dikeluarkan oleh hidung yang bisa bercampur dengan air tersebut.

Dari sisi kesehatan, minum sambil duduk disebutkan oleh beberapa penelitian lebih sehat untuk tubuh. Selain itu mengatur napas dengan tidak menenggak minum sekaligus juga sangat menyehatkan.

Dilansir laman Wikihow, penelitian membuktikan bahwa minum tanpa jeda napas dan langsung meneguk habis air dapat memberi efek berbahaya. Resiko tersedak sangat besar sebab kerongkongan dan saluran pernapasan letaknya berdekatan.

Kebiasaan minum tanpa jeda napas istirahat juga melemahkan otot-otot dan saraf yang ada di sekitar kerongkongan dan saluran pernapasan. Alhasil Anda lebih mungkin tersedak di kemudian hari sebab otot tersebut melemah.

Organ pencernaan seperti lambung, usus dan ginjal pun bisa mengalami masalah sebab menerima asupan air dalam jumlah besar sekaligus. Berbeda jika Anda minum perlahan, maka sfinger atau struktur berotot yang dapat membuka, akan menyaring dan menyalurkannya ke ginjal secara terarah.

Ada banyak lagi manfaat minum sambil duduk yang dapat Anda peroleh, sehingga sebaiknya menghindarlah dari kebiasaan minum sembari berdiri.

Komentar Anda