Scroll to Top

Strategi Rakuten Merebut Pasar Belanja Online Indonesia

By Andhika / Published on Wednesday, 22 Jun 2011

Web Rakuten Belanja OnlineRakuten merupakan situs belanja online yang sangat populer di Jepang. Sejak 1 Juni lalu, mereka dengan percaya diri merambah pasar Indonesia. Hal tersebut membuat mereka harus berhadapan dengan situs sejenis yang telah lebih dulu eksis di tanah air, seperti Tokopedia atau blibli.com misalnya. Lalu apa yang membuat mereka berani bersaing? Seperti apa strategi mereka merebut pasar tanah air?

Doddy B Ekaputra, Head of Marketing dari Rakuten Belanja Online sempat membeberkan sedikit rencana mereka dalam sebuah wawancara dengan media. Dari perbincangan tersebut dapat disimpulkan beberapa strategi utama Rakuten Belanja Online seperti berikut;

Yang pertama, menurut Doddy, mereka unggul karena memiliki E-Commerce Consultan (ECC). Konsultan ini akan membantu pemilik merchants untuk melakukan bisnis e-commerce mereka, sekalipun pedagang tersebut masih awam soal e-commerce. Dari sisi pedagang, ECC akan memastikan mereka dapat meningkatkan penjualan mereka, sementara dari sisi pelanggan, ECC akan memastikan pelanggan mendapat kesepakatan yang terbaik.

Kedua, Rakuten merangkul MNC Group dalam meluncurkan Rakuten Belanja Online. Hal ini akan membuat mereka unggul dari sisi advertising, dimana MNC Group, dengan jaringan televisi mereka (RCTI, MNC TV, Global TV) dapat menjangkau pelosok tanah air. Di Indonesia, televisi sendiri masih menjadi media yang paling efektif untuk beriklan saat ini. Doddy sendiri juga mengatakan bahwa mereka akan “all out” untuk advertising.

Ketiga, Rakuten berpengalaman dalam menangani banyak merchant. Dan mereka juga menargetkan akan merangkul sebanyak mungkin pemilik merchant di Indonesia, sehingga pada akhirnya mereka akan memiliki banyak variasi item.

Doddy sekali lagi menekankan bahwa mereka memiliki model bisnis yang akan meningkatkan penjualan para pedagang di bawah mereka. Menurutnya banyak situs yang hanya memposisikan diri sebagai tempat menjajakan dagangan, namun tidak dengan mereka. Mereka akan berusaha untuk meningkatkan penjualan pedagang sehingga secara otomatis meningkatkan pendapatan mereka sendiri.

Untuk tahun ini, Rakuten Belanja Online menargetkan sebanyak 200 merchant besar dapat mereka rangkul. Sejumlah program telah mereka siapkan untuk meraih hal tersebut, seperti seminar dan program edukasi masyarakat serta beberapa fitur untuk mempermudah pelanggan. So, Let the Games begin.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda