Scroll to Top

ASI Bisa Jadi Obat Untuk Penyakit yang Diderita Bayi

By C Novita / Published on Thursday, 22 Dec 2016

ASI

ASI atau air susu ibu merupakan hal ajaib yang diberikan kepada ibu untuk bayinya. Dengan cairan tersebut bayi mungil tak berdaya bisa tumbuh kuat dan sehat serta tahan penyakit. Namun tak hanya sebagai sumber nutrisi utama saja, susu alami tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai obat lho.

Terlebih dahulu Anda perlu ketahui bahwa ASI kaya dengan antibodi, sehingga jika diberikan untuk mengobati penyakit mata atau telinga yang terjadi pada bayi, hal itu aman saja.

Dr. Arjun Gaikwad dari India menyebutkan, “ASI kaya akan antibodi, inilah kenapa menyusui merupakan cara terbaik untuk membangun imunitas bayi.”

Akan tetapi tentu saja jika Anda masih ragu melakukannya, boleh berkonsultasi pada dokter.

ASI untuk obat sebenarnya sudah lama diketahui para ibu yang masih mengandalkan obat tradisional bagi bayinya. Namun sebagai pengingat kembali, yuk simak berikut ini apa saja penyakit yang bisa diatasi dengan ASI seperti dilansir laman The Health Site:

Infeksi mata

Jika mata bayi Anda mengalami infeksi atau lengket karena tertutup kotoran mata, ambil sedikit kapas yang telah diberi ASI. Usapkan dengan lembut kepada mata bayi untuk membersihkan kotorannya. Lakukan dengan rutin hingga infeksi sembuh.

Infeksi telinga

Apabila bayi mengalami infeksi telinga dan mengeluarkan bau tak sedap, teteskan beberapa tetes ASI ke dalamnya. Biarkan hingga cairan tersebut keluar sendiri lalu bersihkan. Lakukan secara teratur sampai infeksi sembuh.

Ruam

Ruam merah biasanya terjadi pada bagian kulit bokong bayi. Usapkan kapas yang telah diberi ASI ke kulit tersebut dan biarkan hingga kering. Lakukan hingga ruam menghilang.

Kulit kering

Kulit bayi yang kering dan bersisik dapat diatasi dengan mengusapkan ASI untuk melembabkan kembali.

ASI sangat aman sehingga Anda tak perlu khawatir bayi mengalami iritasi. Selamat mencoba.

Komentar Anda