Scroll to Top

Ingin Jadi Robin Hood Di Malam Natal, Hacker Bobol Perusahaan Keamanan Internet

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 28 Dec 2011

 

Aneh-aneh saja pelaku hacker yang satu ini. Dimungkinkan terinspirasi dari film Robin Hood, sejumlah hacker ‘anonymous’ membobol sebuah perusahaan keamanan internet Stratfor dan lebih anehnya lagi diduga tindakan kejahatan yang dilakukan oleh peretas ini dilakukan di malam Natal.

Chief Executive Stratfor George Friedman secara resmi memberikan pengumuman bahwa situs mereka telah di orak-arik oleh peretas. Bahkan berita ini telah masuk ke profil perusahaan mereka yang ada di Wikipedia. Sampai dengan berita ini ditulis web Stratfor masih belum bisa diakses dan hanya ada tulisan ‘sedang dalam perbaikan’.

Para hacker ini setidaknya telah mencuri 4.000 nomor kartu kredit, pasword, alamat rumah dari klien Stratfor serta diperkirakan mencuri data yang terbilang cukup rahasia. Data itu termasuk data penting pemerintahan yaitu United States Air Force dan Miami Police Department.

Anehnya dana yang telah mereka ambil ternyata tidak dipakai untuk kepentingan pribadi, melainkan mereka sumbangkan ke sejumlah yayasan sosial diantaranya CARE, Save the Children, dan African Child Foundation. Dimungkinkan jumlah yang telah diberikan sekitar 1 juta dollar Amerika. Bagaimanapun juga tak ada satupun dari yayasan yang disebut sebelumnya mengungkap akan hal ini di situs mereka.

Sebelumnya hacker yang meretas Stratfor diduga adalah ‘anonymous’ yaitu sebuah group yang anggotanya tersebar diberbagai tempat dan saling terhubung dengan internet untuk memulai kegiatan yang merugikan kepentingan umum. Namun ternyata dari ‘emergency press release’ yang dirilis para hacker ini ternyata kegiatan pencurian ini bukanlah hasil kerja dari anonymous.

Hari Selasa ini juru bicara anonymous, Barret Brown memberikan informasi dalam press release yang menyatakan bahwa mereka membajak Stratfor dengan tujuan mendapatkan 2,7 juta data email di server mereka dan bukan mencuri informasi yang berkenaan dengan kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda