Scroll to Top

Waw, Jalanan di Prancis Dipasangi Panel Surya dan Bisa Hasilkan Listrik

By C Novita / Published on Thursday, 29 Dec 2016

solar panel 1

Sebuah ruas jalan di Prancis menjadi percontohan karena telah dipasangi panel surya yang dapat menghasilkan listrik. Sepanjang satu kilometer jalan raya yang telah dilengkapi dengan alat tersebut, berada di wilayah Tourouvre au Perche, Normandy, Prancis.

Jalanan dengan teknologi itu memang baru pertama ada di dunia, dan baru akhir 2016 ini diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup Prancis, Ségolène Royal.

Luas permukaan jalanan yang tertutup panel surya itu cukup besar, yakni 2.800 kilometer persegi. Bayangkan berapa besar daya listrik yang dapat dihasilkan dengan panel surya sebesar itu.

Makin menipisnya sumber energi dari tenaga minyak bumi dan batubara membuat manusia berusaha mencari alternatif sumber energi lain yang lebih mudah didapat. Salah satunya adalah panas matahari.

solar panel

Dikutip dari Autoblog, panel surya di sepanjang satu kilometer jalan raya itu mampu menghasilkan energi untuk penerangan sebuah desa dengan penduduk 3.400 orang. Namun efektifitasnya masih dalam uji coba yang berlangsung selama dua tahun ke depan.

Perusahaan yang memasang teknologi masa depan tersebut adalah Colas, yang sebelumnya telah mengembangkan teknologi yang sama dengan nama Wattway selama lima tahun.

Jangan khawatir panel surya itu akan pecah jika terlindas kendaraan, sebab telah ada lapisan pelindung yang dipasang di permukaan jalanan tersebut. Jaringan listrik canggih pun sudah dirancang di bawah permukaan jalan sehingga daya listrik yang dihasilkan bisa disimpan.

Listrik yang dihasilkan mulai dikomersialkan pada 2018 mendatang, sehingga tidak lagi digunakan secara cuma-cuma.

 

Komentar Anda