Scroll to Top

Kertas Toilet Ini Gunanya untuk Menyeka Ponsel dan Hanya Ada di Jepang

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Jan 2017

kertas toilet bandara

Bandara Internasional Narita yang ada di Tokyo, Jepang, memiliki keunikan tersendiri di area toiletnya. Di sana ada segulung kertas khusus yang menjadi pelengkap tisu toilet umumnya. “Kertas toilet” tersebut bukan untuk membersihkan kotoran, melainkan sebagai alat untuk menghigieniskan ponsel.

Kertas toilet yang difasilitasi NTT DoCoMo itu ditaruh bersebelahan dengan tisu toilet. Agar orang yang mengambilnya tidak kebingungan, pada kertas toilet juga diberikan keterangan aturan penggunaannya. Adanya kertas ini tidak lepas dari faktor kuman dengan jumlah yang cukup banyak menempel di ponsel.

“Dibanding toilet duduk, ada lebih dari lima kali kuman yang menempel di layar ponsel pintar Anda,” tutur penjelasan dalam tayangan di YouTube yang diunggah  NTT DoCoMo.

“(Kertas toilet) dibuat untuk membersihkan layar ponsel sehingga turis asing bisa menikmati perjalanan mereka secara higenis,” lanjut tayangan tersebut, seperti dikutip laman BBC.

Saat ini ada tujuh toilet bandara yang dibekali dengan kertas toilet antikuman untuk ponsel. Setidaknya kertas toilet akan tersedia sampai Maret 2017.  Di samping itu, Jepag berkomitmen dalam melakukan revolusi toilet umum. Titik beratnya pada kebersihan, yang salah satunya ditujukan pada piranti modern dan berteknologi tinggi yang kadang lebih sukar diperhatikan unsur higienitasnya.

Meski demikian, hal ini menimbulkan pro-kontra di antara netizen. Ada dari mereka yang mendukung, namun tidak sedikit pula yang menyinyir. Misalnya, salah seorang pengguna Facebook mengatakan bisa saja ada orang iseng yang menyampur kertas toilet ponsel dengan kertas toilet biasa.  Namun, pengguna yang lain menunjukkan dukungannya.

“Saya suka kertas toliet ini. Soalnya, saya biasa menyeka ponsel pintar saya dengan alkohol setiap malam setelah bekerja,” katanya.

Komentar Anda