Scroll to Top

Hantu Kuyang Meneror Warga Bontang. Seperti Apa Wujudnya?

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Jan 2017

hantu

Hantu kuyang kembali melakukan “teror”. Nama salah satu makhluk astral ini menyapa warga di kampung Sungai Kecil, Kecamatan Teluk Sebong, Bontang. Konon hantu yang sempat turun popularitasnya itu menampakkan diri pada warga kampung. Walhasil gegerlah akhir tahun warga setempat dengan keberadaan hantu tersebut.

Dikutip dari laman Tribunnews, pada grup Facebook bernama Bursa Barang Bontang ramai dengan pembicaraan bertema hantu kuyang lewat status yang diunggah pada 29 Desember 2016 lalu. Akun bernama “Ichaarief Ichaarief” memosting  status dengan menyampaikan bahwa  anak keduanya meninggal akibat campur tangan hantu kuyang.

Bayi bernama Kayla berusia dua bulan satu pekan itu menurutnya meninggal setelah sang hantu mengisap darahnya pada 24 Desember lalu. Kata akun yang punya nama asli Syarifah itu menuturkan, kejadian dimulai pada pukul 01.00 dinihari WITA. Kayla kala itu menangis lalu ibunya menyusui. Usai tertidur, Syarifah pun menaruhnya di bantal. Namun pada pukul 04.00 WITA ada kejadian aneh.

 “Tiba-tiba jam 4 suami dan saya bangun bersamaan. Si Kayla badannya miring. Pas diangkat suamiku ada darah di keningnya. Dikirain nyamuk, kenapa pas kulihat anakku pucat mulutnya biru, mata hidung berdarah campur air. Mulutnya berlendir,” tulis Syarifah.

Hantu kuyang menjadi viral belakangan ini dengan tambahan dukungan cerita masyarakat setempat  yang mengaku ikut melihat penampakannya. Hantu ini digambarkan memiliki wajah dan organ tubuh, tapi dia tidak ada kakinya. Dia juga dipercaya seringkali melayang-layang pada malam hari. Kabarnya hantu kuyang suka melayang sembari mencari bayi baru lahir dan mengisap darahnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kuyang diartikan sebagai hantu wanita yang hidup dalam mitologi masyarakat di Kalimantan Timur. Hantu ini dapat terbang dengan membawa kepala dan isi perutnya. Dia suka dengan darah wanita hamil atau anak yang lahir belum terlalu lama.

Komentar Anda