Scroll to Top

Obat Kumur Bisa Melawan Bakteri Kencing Nanah

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Jan 2017

radang tenggorokan

Penyakit kelamin yang sering diderita pelaku seks bebas, kencing nanah (gonorrhea), makin sulit diberantas. Ini tidak lepas dari kemampuan bakteri pemicunya, Neisseria gonorrhoeae, yang mampu  beradaptasi dengan antibiotik sehingga menjadikannya sebagai bakteri super. Akibatnya penderita mengalami resistensi bakteri dan sembuh lebih lama.

Namun ada temuan baru yang turut mendukung pemberatasan bakteri penyebab kencing nanah ini terutama yang ditularkan melalui seks oral. Studi yang dilakukan Melbourne Sexual Health Center menemukan, produk obat kumur dimungkinkan dapat menjadi pendukung pengobatan dengan antibiotik.

Studi tersebut melibatkan 58 pria homoseksual yang diketahui mengalami infeksi bakteri kencing nanah pada saluran tenggorokannya. Mereka diminta untuk berkmur dengan obat kumur Listerine, di samping menjalani pengobatan konvensional lainnya.

Hasilnya, kata pemimpin studi Eric Chow, ada 52 persen pria yang masih positif ditemukan bakteri kencing nanah usai memakai obat kumur. Namun angka tersebut lebih baik dibanding kelompok peserta lain yang hanya menggunakan garam sebagai obat kumur karena angkanya masih mencapai 90 persen.

Dalam obat kumur Listerine terdapat kandungan alkohol mencapai 22 persen. Bakteri yang direndam di dalamnya dalam kurun waktu dua hari diketahui tidak tampak mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hasil ini menjadi sebuah kabar menggembirakan. Namun masih diperlukan studi lanjutan terkait pengaruh obat kumur terhadap bakteri kencing nanah.

“Hasilnya masih sangat awal sehingga terlalu dini bila kita menyarankan agar para pria ini menggunakan Listerine. Kami akan melakukan pengujian lagi dalam skala besar untuk mengkonfirmasi temuan,” kata Eric.

Komentar Anda