Scroll to Top

Regulasi Mesin Baru Diundur Hingga Tahun 2014

By Rheza Fadhlillah / Published on Thursday, 23 Jun 2011

Formula1-engineFIA memutuskan untuk mengundur jadwal penerapan regulasi mesin baru hingga 2014. Selain pengumuman mengenai pengunduran jadwal, FIA juga mengubah kebijakan regulasi mesin yang semula akan menggunakan mesin 1.6 Liter 4 silinder menjadi mesin V6 1.6 Liter Turbo.

Dalam pertemuan antar komisi kemarin, telah diputuskan penggunaan mesin V6 akan menggantikan mesin 4 silinder yang sebelumnya direncanakan. Teknologi KERS masih boleh dipergunakan dan boleh dikembangkan. Namun, Revisi dari regulasi ini masih harus diratifikasi oleh World Motor Sport Council setelah balapan minggu ini.

Sebelumnya FIA mengumumkan tentang regulasi baru penggunaan mesin 4 silinder 1.6 liter yang bertujuan agar balap Formula Satu menjadi lebih ramah lingkungan. Namun akibatnya, Peraturan tersebut mendapat reaksi keras dari beberapa produsen mesin yang tidak setuju terhadap aturan tersebut seperti Ferrari, Mercedes, dan Cosworth.

Cosworth akhirnya melunak dan mengatakan mereka hanya butuh kejelasan akan hal tersebut. Bos Cosworth Mark Gallagher berkata pada GP week , “kami butuh kejelasan, Apabila harus menjadi 1.6 liter kami siap, kalau harus tetap pada 24 liter v8 kami bisa terus mengembangkannya”.

Satu-satunya produsen mesin yang mendukung penuh penerapan regulasi ini pada musim 2013 adalah Renault. Mereka bahkan sempat berbicara kepada Jean Todt bahwa mereka akan keluar dari Formula Satu apabila regulasi ini ditunda. Namun akhirnya Renault pun menyetujui penggunaan mesin V6 dengan alasan melakukan yang terbaik bagi olahraga balap.

FIA akhir-akhir ini banyak mengeluarkan kebijakan baru khususnya pada balap Formula Satu. Hal tersebut disebabkan karena mereka ingin Formula Satu menjadi balapan yang ramah lingkungan. Beberapa upaya telah mereka lakukan, selain penerapan mesin 1.6 liter, mereka juga melarang penggunaan blown diffuser, serta yang terakhir adalah regulasi baru mengenai penggunaan engine mapping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda