Scroll to Top

Makanan Ini Menyebabkan Gelisah dan Cemas, Kurangi Konsumsinya

By C Novita / Published on Monday, 09 Jan 2017

mie-instan

Makanan bisa menyebabkan munculnya rasa gelisah dan cemas? Iya. Beberapa jenis makanan dan minuman memicu munculnya rasa tak nyaman itu. Bahkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan depresi atau kesedihan panjang.

Dilansir laman Boldsky, alkohol duduk diperingkat pertama minuman yang memicu perubahan mood menjadi buruk, gelisah dan cemas. Minuman beralkohol mempengaruhi sistem syaraf pusat seseorang dan mengubah emosinya jadi buruk.

Selain itu konsumsi minuman beralkohol pun dapat menyebabkan dehidrasi yang memperparah keadaan. Ia mengurangi kemampuan fokus dan merusak fungsi kognitif Anda.

Kemudian ada beberapa bahan aditif semisal monosodium glutamat (MSG) yang juga memicu munculnya kecemasan dan gelisah apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Kurangi takaran bahan penyedap tersebut dalam masakan Anda agar efeknya tidak berat.

Selanjutnya adalah makanan olahan pabrik semisal pasta, roti putih, mie instan, minuman manis, permen dan lainnya yang juga berpotensi memicu munculnya rasa cemas. Penyebabnya adalah fluktuasi kadar gula darah yang meningkat dengan cepat lalu menurun dengan cepat pula. Hal ini menimbulkan bad mood pada Anda.

Lalu minuman kopi, yang turut menyumbang cukup banyak perasaan cemas atau gelisah dalam dada. Kopi memiliki kafein yang jadi biang keladi munculnya perasaan tersebut, terutam ajika Anda minum lebih dari 2 cangkir setiap hari.

Kopi memicu lepasnya hormon stres di tubuh Anda, dan mengakibatkan munculnya bad mood. Apalagi jika Anda minum di pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong belum terisi makanan. Efeknya akan terasa sepanjang hari.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Komentar Anda