Scroll to Top

Ini Dia Tim Terbaik Dunia 2016/ FIFA FIFPro World 11: Real Madrid ‘Juaranya’!

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Jan 2017

Ini Dia Tim Terbaik Dunia 2016  FIFA FIFPro World 11 Real Madrid 'Juaranya'!

Tim Terbaik Dunia 2016  atau FIFA FIFPro World 11 resmi diumumkan pada Gala FIFA di Zurich Selasa, 10 Januari 2017. Real Madrid dapat dikatakan muncul sebagai juara. Betapa tidak? Dari starting XI terbaik untuk tahun lalu, Los Blancos menyumbangkan lima pemain, alias yang terbanyak dibandingkan yang lain. Ini termasuk Cristiano Ronaldo, yang memenangi gelar Pemain Terbaik Dunia 2016.

Welfie bersama FIFA FIFPro World XI di Gala FIFA sedikit kurang lengkap. Tidak ada satupun punggawa Barcelona yang tampak. Padahal, ada empat pemain Barca yang terpilih sebagai yang terbaik di posisi masing-masing. Namun itu bukan masalah. Pesta tetap dilanjutkan dengan kemenangan Real Madrid, tim yang sepanjang 2016 lalu mampu merebut trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub.

Di posisi kiper terbaik, tidak diragukan lagi, Manuel Neuer (Bayern Munchen) tidak mendapatkan saingan. Kemudian, mengingat Tim Terbaik Dunia 2016 memakai formasi 4-3-3, maka empat bek yang melindungi Neuer adalah Dani Alves (Juventus), Gerard Pique (Barcelona), Sergio Ramos (Real Madrid), dan Marcelo (Real Madrid).

Ini Dia Tim Terbaik Dunia 2016  FIFA FIFPro World 11 Real Madrid 'Juaranya'! (2)

Neuer dan Alves menjadi dua nama non Barca-Madrid dalam tim terbaik ini. Pasalnya, selebihnya, posisi lain diisi oleh para punggawa dari dua klub raksasa Spanyol tersebut. Di wilayah gelandang, tiga pemain yang terpilih adalah Andres Iniesta (Barcelona), Luka Modric (Real Madrid), dan Toni Kroos (Real Madrid).

Yang cukup kontroversial adalah lini depan. Orang boleh sepakat, Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) harus selalu ada dalam tim ini. Namun hal itu berarti mengabaikan pencapaian pemain lain, Antoine Griezmann (Atletico Madrid) yang tak bisa menembus tim terbaik dunia ini. Di satu sisi, Luis Suarez (Barcelona) menjalani tahun yang sangat spektakuler sehingga tak mungkin dilewatkan sebagai nomor 9 tim terbaik ini.

Berikut daftar pemain dalam Tim Terbaik Dunia/ FIFA World XI 2016:

Manuel Neuer, Dani Alves, Marcelo, Gerard Pique, Sergio Ramos, Andres Iniesta, Toni Kroos, Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Luis Suarez

Komentar Anda