Scroll to Top

CR7 Hebat Juga, Bisa Meraih Empat Ballon d’Or di Era Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Jan 2017

Cristiano Ronaldo Ballon d'Or (1)

CR7 mampu meraih empat Ballon d’Or di era Lionel Messi. Bagi Michel Salgado, eks defender Real Madrid, hal itu merupakan pencapaian luar biasa. Pasalnya, Cristiano Ronaldo mampu bersaing ketat dengan sosok Si Nomor 10 Barcelona yang punya keistimewaan luar biasa; dan dibanding-bandingkan dengan para legenda terbaik dunia.

Tahun 2016 ini, Cristiano Ronaldo adalah raja. Ia tidak hanya memenangi Ballon d’Or 2016, tetapi juga gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Dalam dua kesempatan tersebut, Ronaldo selalu mampu menaklukkan rival abadinya, Lionel Messi.

Memang, jika dihitung berdasarkan kemenangan Ballon d’Or, Ronaldo masih kalah dari Messi. Nomor 10 Barcelona sudah mengoleksi lima Ballon d’Or. Empat di antaranya didapatkan secara beruntun sejak 2009 hingga 2012. Ditambah gelar Ballon d’Or terakhir ketika FIFA dan France Football masih bersatu, pada 2015 lalu. Namun menurut Michel Salgado, yang dilakukan Ronaldo melawan Messi tergolong sangat hebat.

Salgado juga membantah anggapan, Cristiano Ronaldo cuma diuntungkan oleh publisitas media semata, sehingga bisa memenangi Ballon d’Or dan Pemain Terbaik FIFA tahun ini. Baginya, karena yang melakukan voting adalah para pelaku sepakbola, tentu kemenangan Ronaldo sangat sah.

Cristiano Ronaldo Raih Gelar Pemain Terbaik FIFA 2016, Kalahkan Messi & Griezmann

Dikutip dari AS, Salgado menyebut, “Sungguh impresif memenangi Ballon d’Or melawan Lionel Messi hingga empat kali. Jelas fair Ronaldo berhasil mendapatkan penghargaan ini. Tidak ada yang layak meragukan validitas pemilihan (pemain terbaik dunia) ini).”

Salgado kemudian membandingkan Cristiano Ronaldo dengan legenda Portugal yang terlebih dahulu bermain untuk Real Madrid, Luis Figo. Menurutnya ada kesamaan antara CR7 dengan Figo, yaitu soal determinasi tinggi untuk menjadi pemenang.

“Saya tidak terlalu mengenal Ronaldo, tapi sudah cukup untuk mengetahui betapa dirinya seorang pemenang. Ia pemain luar biasa dan seorang olahragawan yang komplet. Saya hanya melihat sosok Luis Figo yang punya mentalitas pemenang yang sama (dengan Ronaldo).”

Komentar Anda