Scroll to Top

Piala Dunia 2026 Resmi Diikuti 48 Negara, Indonesia Bisa Lolos?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Jan 2017

Piala Dunia 2026 Resmi Diikuti 48 Negara, Indonesia Bisa Lolos

Piala Dunia 2026 resmi akan menjadi Piala Dunia pertama yang diikuti 48 negara. Hal ini dipastikan setelah seluruh anggota Dewan FIFA menyepakati rencana presiden Gianni Infantino pada Selasa, 10 Agustus 2016. Dengan tambahan 16 peserta dibandingkan dengan Piala Dunia edisi terakhir, apakah ada kans bagi Indonesia untuk lolos?

Piala Dunia dengan 48 tim adalah agenda besar yang dibawa oleh Gianni Infantino. Malahan, dapat dikatakan, keberhasilannya menjadi presiden FIFA, adalah berkat janji surga memberikan kuota lebih kepada berbagai konfederasi, termasuk Asia dan Afrika. Oleh karenanya, wajar jika Infantino sangat getol mengampanyekan hal ini.

Tapi, kampanye Infantino tidak akan berarti jika tidak ada 37 member Dewan FIFA yang hari ini sepakat untuk mutlak memilih Piala Dunia dengan peserta 48 tim. Pasalnya, sejatinya para member ini mendapatkan lima opsi.

Pertama, Piala Dunia tetap dengan 32 tim. Kedua dan ketiga, Piala Dunia dengan 40 tim; tetapi dengan dua format berbeda. Keempat dan kelima, Piala Dunia dengan 48 tim, tetapi dengan dua format berbeda pula. Pilihan dijatuhkan pada Piala Dunia dengan 48 tim, yang dibagi dalam 16 grup.

Dalam format baru Piala Dunia ini, akan ada total 80 pertandingan yang digelar. 48 tim dibagi ke dalam 16 grup di babak penyisihan. Dengan demikian, setiap grup terdiri dari tiga tim. Kemudian, hanya juara dan runner-up grup yang berhak lolos ke 32 besar. Barulah di babak ini, sistem gugur diberlakukan.

FIFA Tambah Kuota Asia di Piala Dunia 2026, Bagaimana Indonesia

Format ini sangat menguntungkan FIFA, karena 80 laga tersebut seluruhnya dapat dikomersialisasikan. Tidak akan ada lagi pertandingan terakhir penyisihan grup yang digelar secara bersamaan.

Selain itu, tim peserta juga tetap tidak akan kelelahan. Tim yang lolos ke final atau perebutan tempat ketiga, hanya bertarung tujuh kali; sama persis dengan Piala Dunia saat ini yang diikuti 32 tim. Bedanya, dua laga untuk Piala Dunia dengan 48 tim, digelar di penyisihan grup, dan lima sisanya di babak sistem gugur.

Jika melihat kuota yang bertambah, tentu saja Asia bakal mendapatkan jatah ekstra. Kini tantangan bagi Indonesia muncul. Mungkinkah timnas Garuda lolos ke Piala Dunia, mengulang sejarah Hindia Belanda pada 1938?

Komentar Anda