Scroll to Top

Inaki Williams: Barca Jangan Banyak Protes, Selama Ini Mereka Favorit Wasit!

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

Inaki Williams Barca Jangan Banyak Protes, Selama Ini Mereka Favorit Wasit!

Inaki Williams, penyerang Athletic Bilbao mengkritik komentar pedas Gerard Pique soal wasit. Menurut Williams, semestinya Barca tidak boleh banyak protes. Pasalnya, selama ini, sebagai klub besar, diakui atau tidak, Barcelona justru menjadi favorit wasit dalam mengambil keputusan. Bukan malah dirugikan.

Komentar Gerard Pique bermula dari pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona di leg pertama 16 besar Copa del Rey. Dalam laga tersebut, Barca yakin, semestinya mereka mendapatkan dua penalti. Namun wasit bergeming. Pique yang geram kemudian membandingkan peristiwa ini dengan insiden dalam laga Real Madrid vs Sevilla.

Pada laga tersebut, Madrid mendapatkan hadiah penalti kontroversial, karena Luka Modric dijatuhkan James Rodriguez di kotak penalti Sevilla. Namun, wasit menunjuk titik putih atas hal itu. Pique kemudian menuding, ada keberpihakan wasit kepada Los Blancos. Dan, Barca bukan sedang bermain roulette untuk mendapatkan ‘voucher penalti’.

Dalam pertandingan berikutnya, Villarreal vs Barcelona, lagi-lagi klub Catalan tidak mendapatkan penalti. Padahal, Bruno Soriano yang jatuh di kotak terlarang, menghalau bola dengan tangannya. Hal ini ditanggapi Pique dengan ucapan lebih sinis, “Setiap kali bertanding, wasit selalu mengambil keputusan yang membuat saya makin yakin dengan ucapan sebelumnya (bahwa ada keberpihakan pada Madrid).”

Hasil Copa del Rey 2017 Athletic Bilbao vs Barcelona 2-1, w

Namun ucapan Gerard Pique itu disambut lebih sinis lagi oleh penyerang Athletic Bilbao, Inaki Williams. Katanya, “Jika saya, sebagai seorang pemain bisa melewatkan peluang satu lawan satu (melawan kiper), bagaimana mungkin wasit tidak bisa berbuat salah?”

“Saya pikir, kita tidak bisa menunjuk wasit (berbuat salah). Wasit melakukan yang terbaik, dan kadang koin jatuh di sisi Anda (keberuntungan berpihak pada sebuah tim yang tidak sengaja diuntungkan wasit), kadang koin jatuh di pihak lawan.”

“Para pemain Barcelona harusnya adalah sosok terakhir yang komplain kepada wasit, karena mereka tim besar. Pada akhirnya toh selalu ada kecenderungan (wasit memihak Barcelona atau Real Madrid sebagai tim besar di La Liga). Saya harap wasit tidak terpengaruh (oleh tekanan Pique), dan saya yakin wasit akan mengadili pertandingan seakurat mungkin.”

Komentar Anda