Scroll to Top

Klub Elite Eropa Tolak Piala Dunia 2026 Jika FIFA Ngotot Pakai 48 Tim!

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

Hasil Pra Piala Dunia 2018 Jepang vs Arab Saudi 2-1, Samurai Biru Tikam Sang Elang

Klub Elite Eropa yang tergabung dalam European Club Association (ECA) siap menolak Piala Dunia 2026. Menurut mereka, keputusan FIFA yang ngotot memakai 48 tim di Piala Dunia tersebut sama sekali tidak berdasarkan kepentingan olahraga. ECA menuding, FIFA menambah jumlah peserta karena permainan politik yang dilakukan oleh presiden saat ini, Gianni Infantino.

ECA yang anggotanya terdiri dari 220 klub dari 53 federasi sepakbola Eropa, menegaskan, Piala Dunia yang paling tepat, adalah Piala Dunia dengan peserta 32 tim. Mereka mempertanyakan keputusan FIFA, yang justru menambah 16 peserta. Meskipun secara teknis, penambahan peserta tersebut tidak menambah jumlah pertandingan yang dilalui sebuah negara ke final (tetap bermain tujuh kali), ECA tetap tidak sepakat.

Dikutip dari AS, ECA menyatakan, ” European Club Association menegaskan bahwa kami pada prinsipnya tidak mendukung penambahan peserta Piala Dunia.”

“Kami tidak bisa melihat manfaat dari perubahan format saat ini (32 negara di putaran final) yang sudah terbukti menjadi formula sempurna dari sudut pandang manapun. Kami mempertanyakan pula urgensi (FIFA) mengambil keputusan penting, padahal masih ada 9 tahun hingga keputusan tersebut berlaku (dari 2017 menuju 2026). (Keputusan ini diambil FIFA) tanpa keterlibatan para pemangku kepentingan yang akan terpengaruh oleh perubahan ini. ”

Lionel Messi Argentina Masih Bisa Lolos ke Piala Dunia Rusia 2018! (1)

ECA menuding, cara FIFA mengambil keputusan sepihak ini, tidak terlepas dari permainan politik yang dilakukan Gianni Infantino. Sang presiden FIFA dalam kampanyenya menjanjikan Piala Dunia dengan tambahan peserta, mulai dari 40 tim hingga 48 tim. Otomatis, negara-negara kecil yang belum pernah lolos ke Piala Dunia, mendukung Infantino.

“Kami memahami bahwa keputusan (penambahan peserta Piala Dunia) ini telah diambil berdasarkan alasan politik melebihi alasan olahraga; juga di bawah tekanan politis, sesuatu yang diyakini oleh ECA, sangat disesalkan.”

“ECA akan menganalisis secara rinci dampak dan konsekuensi format baru (Piala Dunia dengan 48 tim) dan akan membahas masalah ini pada pertemuan Dewan Eksekutif ECA berikutnya, yang dijadwalkan digelar pada akhir Januari 2017.”

Komentar Anda