Scroll to Top

Cristiano Ronaldo: Aku Sudah Jadi Legenda, Bagian Sejarah Sepakbola!

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

Cristiano Ronaldo Harusnya Raih Lebih dari Empat Ballon d'Or, Klaim Zidane!

Cristiano Ronaldo meyakini, keberhasilannya meraih Ballon d’Or dan Pemain Terbaik Dunia tahun 2016 adalah bukti bahwa dirinya sudah menjadi legenda, bagian sejarah sepakbola. CR7 menegaskan, tahun lalu adalah tahun terbaik sepanjang kariernya dengan tambahan trofi Liga Champions, plus akhirnya memenangi Piala Eropa. Apakah kita sudah bisa menyebut Ronaldo sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa?

Meskipun harus berbagi era dengan Lionel Messi, tidak terbantahkan lagi, Cristiano Ronaldo memang seorang bintang spektakuler. Ia cuma butuh waktu tujuh tahun untuk menjadi top skor Real Madrid sepanjang masa. Tahun lalu, ia juga mendapatkan dua gelar kontinental, di level klub dan di level internasional. Kesuksesan luar biasa ini membuat Ronaldo sadar, dirinya memang sudah tercatat dalam tinta emas sejarah.

Kepada situs resmi FIFA, mantan kekasih Irina Shayk ini menuturkan, “Saya tidak ragu, bahwa diri ini sudah menjadi bagian sejarah sepak bola.”

“(Menjadi bagian sejarah) ini selalu menjadi tujuan utama saya, sejak  pertama kali bermain: tidak hanya sekadar menjadi pemain (profesional), tetapi menjadi bintang dan terus berusaha mendapatkan gelar terbaik. Dan saya (terbukti mampu) melakukannya: trofi yang saya raih, dapat berbicara sendiri – entah itu gelar, penghargaan individu, atau rekor.”

Cristiano Ronaldo Raih Gelar Pemain Terbaik FIFA 2016, Kalahkan Messi & Griezmann 2

Menurut Cristiano Ronaldo, catatan emas dalam kariernya itu menjadi pelecut tersendiri. Mampu keluar sebagai yang terbaik, justru membuat Ronaldo selalu bersemangat untuk menembus batas. Katanya, “Ini sumber kebanggaan besar; dan selalu membuat saya termotivasi untuk terus bekerja dengan cara yang sama seperti selama ini.”

Berbicara soal tahun 2016, Ronaldo jelas-jelas mengakui, “Sudah saya sampaikan berkali-kali: (tahun 2016) ini mungkin menjadi tahun terbaik dalam karier saya.”

“Berhasil memenangkan trofi (internasional) bersama timnas (Portugal) jelas punya peranan besar (untuk menyebut tahun ini sebagai tahun yang terbaik). Selain itu, trofi itu adalah yang pertama untuk Portugal. Ini jelas membuat 2016 jadi tahun yang sangat istimewa.”

“Tapi (tak bisa diabaikan) Real Madrid juga memenangkan Liga Champion, ditambah kemudian (juara) Piala Dunia Klub sehingga kami menyelesaikan tahun lalu dengan cara terbaik. Ini tahun yang sangat istimewa. Saya tidak ragu untuk berkata, inilah yang terbaik sejak saya mulai bermain sepak bola.”

Komentar Anda