Scroll to Top

Achmad Kurniawan, Kiper Arema FC Meninggal Dunia, Ini Kronologinya

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

Achmad Kurniawan, Kiper Arema FC Meninggal Dunia, Ini Kronologinya

Achmad Kurniawan, kiper Arema FC meninggal dunia pada Selasa, 10 Januari 2017 sore WIB. Sebelum ini, pria yang sering disebut AK (inisial namanya) masuk rumah sakit pada Kamis 28 Desember tahun lalu. Sedianya jenazah akan dimakamkan pada Rabu, 11 November ini di Jakarta. Kabar duka ini memukul dunia sepakbola Indonesia, yang kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Sepanjang kariernya, Ahmad Kurniawan yang lahir pada 31 Oktober 1979, telah memperkuat berbagai tim elite Liga Indonesia. Dimulai dari Persita Tangerang, Arema, Persik Kediri, Semen Padang, dan kemudian kembali ke Arema Cronus. Selasa lalu, AK mengembuskan napas terakhir setelah 13 hari berada di rumah sakit.

Awalnya, Achmad Kurniawan dilarikan ke RS Prima Husada pada Kamis (28/12) siang. Karena masih belum sadar, AK kemudian dirujuk ke RSUD Saiful Anwar (RSSA) pada sore harinya, pukul 18.00 WIB.  Sang istri, Femy Chintia, menyebutkan bahwa, berdasarkan diagnosis dokter, asam lambung Achmad Kurniawan naik dan hal ini berpengaruh pada pernafasan. Hal ini membuat AK tidak sadarkan diri atau koma.

Achmad Kurniawan, Kiper Arema FC Meninggal Dunia, Ini Kronologinya 2

Pada Sabtu (7/1) lalu, keadaan Achmad Kurniawan sempat berangsur membaik. Meskipun belum sadar, beberapa anggota tubuh kakak kandung Kurnia Meiga ini sudah bergerak. Dikutip dari Tribunnews, Femy Chintia kala itu menuturkan, “Sudah ada gerakan-gerakan tapi memang belum siuman, tangannya sudah bisa bergerak yang lain juga sudah ada respon.” Kala itu tekanan darah dari AK sudah normal.

Namun, Tuhan memiliki takdir lain. Selasa lalu, Achmad Kurniawan berpulang sekitar pukul 17.50 WIB. Berbagai ucapan bela sungkawa pun mengalir. Tidak hanya dari kerabat atau teman dekat, tetapi juga seluruh insan sepakbola Indonesia. Menpora Imam Nachrawi dan pelatih Indra Sjafri termasuk beberapa yang menyampaikan ungkapan duka cita melalui media sosial mereka.

Jenazah Achmad Kurniawan akan dimakamkan hari ini Rabu (11/1) di Jakarta. Dikutip dari detikcom, sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di  Jalan H.Mo’ong RT06/RW02 Nomor 12, Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Cijantung, Jakarta Timur.

Sementara itu, manajemen Arema FC, melalui juru bicara Sudarmadji kepada wartawan, menuturkan, “Tim medis sudah berjuang dengan maksimal, begitu juga dengan almarhum. Kami menilai AK jadi yang terbaik di Arema.”

Foto: twitter Arema, Ongisnade

Komentar Anda