Scroll to Top

Ludah Percepat Sembuhnya Luka Mitos Atau Fakta?

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

air liur

Ada kebiasaan lama yang bahkan sampai saat ini masih dilakukan yaitu saat terjadi luka di kulit, maka orangtua akan meludah lalu mengoleskan sedikit ke permukaan luka. Sebagian orang menganggap itu adalah hal yang menjijikkan, namun sebagian lagi percaya bahwa hal itu dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Tidak hanya manusia, hewan seperti kucing dan anjing juga punya kebiasaan menjilati luka di tubuh mereka. Di alam liar dan tanpa adanya obat, ternyata luka para hewan itu pun bisa sembuh.

Lalu apakah benar ludah punya kemampuan menyembuhkan luka? Atau hanya mitos semata yang kebetulan terjadi?

Sebuah penelitian yang hasilnya telah diterbitkan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) membenarkan hal itu. Studi yang dilakukan oleh ilmuwan Belanda tersebut mengungkap adanya zat bernama histatin yang menjadi kunci kemampuan ludah menyembuhkan luka.

Menurut studi tersebut, histatin pada ludah akan membunuh bakteri dalam luka. Ia juga membantu percepat sembuhnya luka.

“Penelitian ini tidak hanya menjawab pertanyaan mengapa hewan menjilati luka mereka,” ungkap Gerald Weissmann Pemimpin Redaksi jurnal ilmu pengetahuan FASEB.

Menurutnya histatin juga jadi alasan mengapa luka di mulut lebih cepat sembuh dibanding luka di kulit atau tulang.

Hasil studi tersebut membantu ilmuwan untuk menciptakan obat luka kronis seperti yang terjadi pada penderita diabetes atau luka bakar parah.

 

 

Komentar Anda