Scroll to Top

Baggio: Juventus Memang Lebih Tangguh Dari Roma-Napoli

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

JuvBol

Eks pemain kenamaan Timnas Italia, Roberto Baggio, mengakui bahwa Juventus memang lebih tangguh dan terkoordinasi dibandingkan dengan AS Roma dan Napoli. Bisa menjadi juara Serie-A dalam lima musim beruntun tentunya bukanlah suatu kebetulan semata, namun dilandasi dengan sebuah pondasi yang kuat di dalam tim yang dipadu dengan kemampuan para pemain serta strategi pelatih yang mumpuni.

Harus diakui bahwa Liga Italia dalam beberapa musim terakhir ini memang berjalan membosankan. Persaingan menarik yang ada di awal menjadi agak hambar karena pada akhirnya Juve yang menjadi juaranya. Tim-tim seperti Roma dan Napoli hanya menjadi pemanis di awal saja meski mereka masih lebih beruntung dibandingkan dengan AC Milan atau Inter Milan.

Menurut Baggio, kesuksesan yang diraih Juve bukan berasal dari keberuntungan semata. Ada kerja keras disana yang disandingkan dengan pondasi solid yang sudah tertata di klub tersebut. Selain itu ada juga aura keberuntungan yang menaungi Juve seperti yang terlihat di musim lalu dimana Juve yang terpuruk parah di awal musim malah berhasil menjadi juara pada akhirnya.

“Bisa memenangi lima scudetti beruntun tentunya bukanlah suatu kebetulan. Juventus telah bekerja dengan sangat baik dan sekarang mereka tetap menjadi favorit scudetto meski ada juga tim seperti Roma yang bermain bagus pula. Juve adalah tim besar dan punya organisasi bagus yang menghasilkan pondasi yang solid. Hal itu membuat para pemain bisa fokus ke lapangan saja karena mereka tahu bahwa klub selalu berada di belakang mereka,” terang Baggio.

“Baik tim asuhan Luciano Spalletti maupun Maurizio Sarri memainkan sepakbola yang bagus. Mereka sangat menghibur dan bisa dikatakan sudah sukses secara gaya bermain yang mana tidak semua tim bisa melakukannya.”

Baggio sendiri dalam sejarahnya pernah membela Juve pada 1990-1995 dan membantu tim meraih scudetto 1994-1995, Coppa Italia 1994-1995, dan UEFA Cup 1992-1993. Selain di Juve, Baggio juga tercatat pernah membela Vicenza (1982-1985), Fiorentina (1985-1990), Milan (1995-1997), Bologna (1997-1998), Inter Milan (1998-2000), dan Brescia (2000-2004).

Komentar Anda