Scroll to Top

Alasan Ilmiah Mengapa Bayi di Bawah 6 Bulan Jangan Diberi Air Putih

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

bayi emut jari

Bayi usia di bawah enam bulan tidak dianjurkan untuk minum air putih, sebab air susu ibu (ASI) adalah yang terbaik untuk bayi. Ada banyak kerugian yang akan dialami bayi jika orangtua nekat memberikan air putih kepada anaknya itu.

Mengapa demikian, dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia membeberkan alasannya seperti berikut ini:

Infeksi bakteri

Bayi 0-6 bulan rentan mengalami infeksi bakteri dari air, terutama jika kebersihan air tidak benar-benar terjaga. Dr Utami menyebut bahwa bayi bisa mengalami mencret belasan kali jika sudah terinfeksi bakteri.

Terbuangnya elektrolit

Air putih yang masuk dalam pencernaan bayi, lalu diproses hingga ke ginjal, dapat membawa serta elektrolit berharga yang dibutuhkan bayi hingga keluar menjadi urine. Itu karena fungsi ginjal yang belum sempurna menyaring zat apa yang berguna dan yang tidak berguna untuk tubuhnya. Biasanya natrium atau sodium yang akan turut terbuang. Itu akan merugikan bayi sendiri.

Fungsi ginjal terganggu

Akibat memberikan air putih terlalu banyak pada bayi pun bisa menyebabkan fungsi ginjalnya rusak. Ginjal yang belum sempurna mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, harus menerima banyak asupan air putih. itu bisa merusak kemampuannya berkembang, dan menjadi tidak sempurna.

Selain itu, bayi pun bisa mengalami keracunan atau intoksikasi bila cairan tubuh yang ia butuhkan (ASI) tak diberikan dalam jumlah cukup dan diganti dengan air putih. semoga bermanfaat.

 

 

Komentar Anda