Scroll to Top

Amerika Serikat Siap Bikin Copa America ‘KW’ Pada 2020

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 12 Jan 2017

Amerika Serikat Siap Bikin Copa America 'KW' Pada 2020

Amerika Serikat siap membuat Copa America versi mereka sendiri pada tahun 2020. Menyadari kesuksesan gelaran Copa America Centenario pada 2016 lalu, negara adidaya tersebut berharap bisa menggelar event yang sama secara rutin, empa tahun sekali. Andai Copa America ‘KW’ ini terwujud, jadwal CONMEBOL tidak akan terganggu, karena Copa America resmi, digelar pada musim panas 2019.

Tidak terbantahkan lagi, Copa America Centenario –edisi khusus 100 tahun Copa America— yang digelar di AS musim panas tahun lalu, meninggalkan kemeriahan tersendiri. Drama yang tercipta sepanjang turnamen menjadi daya tarik luar biasa untuk rakyat Amerika Serikat. Hal inilah yang membuat federasi AS terpikat untuk menciptakan turnamen semodel itu secara rutin.

Dikutip dari AS, petinggi federasi AS sudah bertanya kepada beberapa federasi Amerika Selatan dalam rapat FIFA di Zurich, untuk membuka kemungkinan sekali lagi menggelar turnamen Copa America. Namun, gayung tidak bersambut. Berbagai federasi dari Amerika Selatan tidak sepakat AS. Di sisi lain, penolakan itu tidak memadamkan ambisi Amerika Serikat.

Duel Antara Juara Piala Eropa vs Juara Copa America Siap Digelar

AS tetap getol untuk ‘menawarkan’ gelaran Copa America ‘ekstra’, seperti Copa America Centenario. Mereka menilai, toh tidak akan ada gangguan dari Copa America ‘ekstra’ ini, mengingat Copa America resmi, yang diselenggarakan CONMEBOL, terjadi pada September 2019, atau setahun sebelumnya.

Namun, belum bisa dipastikan, format seperti apa yang bakal dipakai oleh Amerika Serikat, andai Copa America ‘ekstra’ ini digelar. Apakah sama seperti Copa America Centenario dengan 16 tim (10 dari CONMEBOL dan 6 dari CONCACAF) atau dengan jumlah yang berbeda.

Tidak boleh dilupakan, baik konfederasi CONMEBOL (Amerika Selatan) maupun CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) sama-sama sepakat, menolak kemungkinan digelarnya turnamen bersama antara kedua konfederasi ini. Masing-masing sudah punya turnamen sendiri. CONMEBOL dengan Copa America, sementara CONCACAF dengan Piala Emas.

Komentar Anda